Ini Penyebab Garuda Indonesia Berada Diambang Kebangkrutan

- 5 Juni 2021, 09:42 WIB
Ilustrasi Maskapai Garuda Indonesia. Peter Gontha ajukan surat terbuka pada Garuda Indonesia minta setop pembayaran honorarium pada bulan Mei 2021 kemarin.
Ilustrasi Maskapai Garuda Indonesia. Peter Gontha ajukan surat terbuka pada Garuda Indonesia minta setop pembayaran honorarium pada bulan Mei 2021 kemarin. /Instagram.com/@garuda.indonesia

EDITORNEWS - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia sedang diambang kebangkrutan apabila gagal dalam proses restrukturisasi utang perseroan kepada kreditur.

Ditahun ini 2021 utang maskapai Garuda Indonesia tercatat USD4,5 miliar atau mendekati Rp70 triliun.

Ada beberapa penyebab kenapa Garuda Indonesia bisa memiliki utang sebanyak itu yang disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

“Memang ada risiko kalau proses restrukturisasi ini kemudian kreditor tidak menyetujui atau akhirnya banyak tuntutan-tuntutan legal terhadap Garuda Indonesia bisa terjadi tidak mencapai kuorum dan akhirnya bisa jadi menuju kebangkrutan. Ini yang kita hindari,'' ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Baca Juga: Transgender Akan Punya KTP-Elektronik, Simak Penjelasannya

Melansir dari sumber lainnya ada beberapa faktor yang menyebabkan Garuda Indonesia memiliki hiutang kepada kreditur diantaranya.

1. Harga Sewa Pesawat Mahal

2. Efisiensi Pesawat

3. Model Bisnis

4. Kerugian per Bulan Capai Rp1,4 Triliun

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah