Update Ranking FIFA Negara Asean: Indonesia Naik, Thailand Turun!

- 7 April 2023, 22:45 WIB
Indonesia naik dua peringkat dalam ranking FIFA terbaru
Indonesia naik dua peringkat dalam ranking FIFA terbaru /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) merilis ranking FIFA per April 2023. Argentina kini menempati posisi puncak dengan 1840,93 poin diikuti oleh Prancis dan brazil di bawahnya. Sementara itu, untuk negara Asean, Vietnam masih jadi yang terdepan.

Vietnam mengalami kenaikan peringkat meski tidak memainkan pertandingan pada FIFA Matchday Maret 2023. Tim besutan Philippe Troussier itu naik satu peringkat ke ranking 95 dunia. Vietnam kini mengumpulkan 1229,69 poin per April 2023.

Berbeda dengan Vietnam yang mengalami kenaikan, hal sebaliknya justru terjadi pada Thailand. Thailand menjadi tim Asia Tenggara yang mengalami penurunan paling signifikan. Thailand turun tiga peringkat, dari ranking 111 ke ranking 114 dengan 1171,88 poin. Pengurangan poin yang didapat lantaran Thailand mengalami dua kekalahan pada FIFA Matchday Maret lalu.

Selain Thailand, negara Asean yang mengalami penurunan posisi di ranking FIFA adalah Filipina, Myanmar, Laos, dan Brunei Darussalam. Filipina turun dua peringkat, dari posisi 134 menjadi 136. Sementara itu, Myanmar, Laos dan Brunei masing-masing turun satu peringkat dan berada di posisi 160, 188, dan 191.

Baca Juga: Semakin Memikat! Suga BTS Kini Ditunjuk Menjadi Duta Global Baru Liga NBA Amerika Serikat

Sementara itu, Malaysia menjadi tim Asean dengan peningkatan posisi tertinggi. Malaysia naik tujuh peringkat dari posisi 145 ke 138 dunia dalam ranking FIFA. Kesuksesan itu tidak lepas dari keberhasilan tim Harimau Malaya menang atas Turkmenistan dan Hong Kong di FIFA Matchday Maret.

Tim Asean lain yang mengalami kenaikan adalah Timor Leste, Kamboja dan Singapura. Tiga negara itu masing-masing naik ke posisi 196, 176, dan 158 dalam ranking FIFA April 2023. Indonesia juga turut serta dalam tren positif ini. Skuad asuhan Shin Tae-Yong sukses naik peringkat.

Kenaikan peringkat yang dialami timnas Indonesia tak lepas dari hasil positif yang diraih pada laga FIFA Matchday, Maret lalu. Timnas besutan Shin Tae-yong melakoni dua kali laga uji coba melawan Burundi dengan menang 3-1 dan imbang 2-2. Hasilnya, Indonesia naik dua peringkat dalam ranking FIFA ke posisi 149.

Berikut ranking FIFA tim Asean per 6 April 2023:

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x