Korea Selatan Sedang Berusaha untuk Memiliki Akses Ke Media Propaganda Korea Utara

- 16 Maret 2023, 19:34 WIB
Setelah Perang Korea 1950-53, konflik ideologis di dalam dan di luar Korea Selatan meningkat
Setelah Perang Korea 1950-53, konflik ideologis di dalam dan di luar Korea Selatan meningkat /

EDITORNEWS.ID - Setelah Perang Korea 1950-53, konflik ideologis di dalam dan di luar Korea Selatan meningkat. Banyak warga Korea Selatan mengajukan pertanyaan tentang janji-janji kapitalisme; beberapa tertarik pada visi utopis komunis yang dipromosikan oleh Utara.

Kembali ketika Korea Selatan lebih miskin daripada Korea Utara secara ekonomi, propaganda rezim itu merupakan ancaman besar bagi kelangsungan hidupnya, mendorong para pemimpinnya untuk memberlakukan Undang-Undang Keamanan Nasional untuk melawan pesan-pesan itu.

Tujuh dekade telah berlalu sejak itu. Korea Selatan saat ini jauh lebih makmur dan berpengaruh daripada saingan totaliternya.

Namun, undang-undang tersebut masih berlaku dengan tegas, memberlakukan larangan de facto pada akses publik gratis ke media Korea Utara.

Baca Juga: NATO Berharap Turki Siap untuk Memenuhi Janjinya Setelah Memberikan Lampu Hijau

Mereka yang tertarik membaca surat kabar Korea Utara seperti Rodong Sinmun perlu mengunjungi tempat-tempat yang ditunjuk pemerintah di mana mereka dapat mengakses "berita" Korea Utara yang sebagian besar sudah ketinggalan zaman setelah menunjukkan ID mereka.

Para ahli mengatakan larangan itu sudah usang dan hanya menguntungkan rezim, yang menghindari ketakutan dan segala jenis transparansi.

Mereka menyerukan perubahan, dengan mengatakan bahwa kekhawatiran tentang potensi pengaruh propaganda Korea Utara di sini berlebihan.

"Setelah Jerman terpecah selama Perang Dingin antara blok kapitalis yang dipimpin oleh AS dan yang komunis oleh Uni Soviet, Jerman Barat tetap membuka pintunya untuk media Jerman Timur.

Baca Juga: Kelompok Hacker Menjadi Unit Militer: Ukraina Sedang Menyusun Undang-Undang Untuk Melegalkan

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x