Joe Biden akan Berbicara dengan Xi Jinping setelah Umumkan Perjanjian AUKUS

- 15 Maret 2023, 14:01 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Presiden Amerika Serikat Joe Biden /

EDITORNEWS.ID – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan dia bakal segera berbicara dengan Presiden China Xi Jinping setelah berpidato mengumumkan rincian perjanjian AUKUS dengan Inggris  dan Australia pada Senin, 13 Maret 2023.

Perjanjian AUKUS sendiri merupakan perjanjian terkait kapal selam nuklir yang akan disediakan untuk Australia. Kapal selam tersebut menurut Biden bertenaga nuklir bukan bersenjata nuklir dan digunakan untuk membendung kekuatan China di perairan Indo-Pasifik.

Beijing merespon perjanjian ketiga negara tersebut dengan mengutuk perjanjian AUKUS sebagai tindakan yang melanggar aturan proliferasi nuklir.

Kemudian Biden ditanya oleh wartawan apakah merasa cemas bahwa China menganggap perjanjian kapal selam AUKUS tersebut sebagai agresi, Biden menjawab "tidak".

Baca Juga: Amerika Serikat Dan Russia Kembali Tegang Karena Drone Reapernya Dijatuhkan Jet Tempur Russia

Selain itu, Biden juga ditanya oleh wartawan apakah akan melakukan pembicaraan dengan Xi segera, Biden mengatakan "ya". Tetapi ketika ditanya kapan pembicaraan kedua kepala negara tersebut berlangsung, Biden menjawab “tidak”.

Sebelumnya, pada pertengahan Februari Biden menyatakan akan melakukan pembicaraan dengan Xi terkait dugaan balon mata-mata China yang terbang memasuki teritorial udara AS yang membuat ketegangan kedua negara tersebut menjadi lebih buruk. Namun pembicaraan tersebut belum pernah diumumkan.

Seorang penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan pada pekan lalu bahwa Amerika Serikat ingin membangun kembali komunikasi reguler dengan China.

Biden diharapkan akan berkomunikasi dengan Xi melalui jaringan telepon beberapa waktu setelah pemerintah China kembali bekerja menyusul Kongres Rakyat Nasional tahunan yang berakhir Senin.

Baca Juga: Kanselir Jerman Berjanji akan Tetap Memberikan Dukungan Militer ke Ukraina

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x