Lebih Dari 100 Orang Ditangkap di Iran Atas Dugaan Keracunan Pelajar yang Memicu Ketakutan dan Teror

- 14 Maret 2023, 00:08 WIB
Penangkapan itu terjadi di Teheran dan 10 provinsi lainnya
Penangkapan itu terjadi di Teheran dan 10 provinsi lainnya /

EDITORNEWS.ID - Pihak berwenang Iran telah menangkap lebih dari 100 tersangka sehubungan dengan serentetan dugaan keracunan di sekolah-sekolah di seluruh negeri, kata Kementerian Dalam Negeri pada hari Sabtu, 11 Maret 2023.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei telah menyerukan "hukuman maksimum" terhadap para pelaku.

Penangkapan itu terjadi di Teheran dan 10 provinsi lainnya, menurut pernyataan dari kementerian yang dikutip kantor berita IRNA.

Beberapa dari mereka yang ditangkap menggunakan "zat yang tidak berbahaya dan berbau" untuk menyebabkan kepanikan dan menutup sekolah, klaim pernyataan kementerian terkait.

Baca Juga: Ukraina Tidak Akan Mendapatkan Jet Tempur dari Aliansi Barat Karena Alasan Teknis dan Logistik

Yang lain dengan "motif bermusuhan" menggunakan zat yang tidak diketahui untuk "menciptakan ketakutan dan teror di antara siswa, menutup sekolah dan menciptakan pesimisme terhadap pendirian Islam," lanjutnya.

Kementerian mengatakan sedang menyelidiki apakah kelompok terakhir memiliki hubungan dengan Organisasi Mujahidin Khalq, sebuah kelompok teroris yang diduga didukung oleh AS, Arab Saudi dan Israel.

Iran telah diganggu oleh serangkaian keracunan "ringan" misterius sejak November lalu dengan serangan nyata terjadi di lebih dari 50 sekolah.

Lebih dari 1.000 pelajar telah terpengaruh dan memicu protes oleh orang tua; dan mendorong beberapa orang untuk mengeluarkan anak-anak mereka dari sekolah sama sekali.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x