Jenderal Li Shangfu dengan Pengalamannya Ditunjuk Sebagai Menteri Pertahanan Baru China

- 12 Maret 2023, 20:50 WIB
Presiden China Xi Jinping saat berada di balai agung rakyat China, Beijing./Antaranews
Presiden China Xi Jinping saat berada di balai agung rakyat China, Beijing./Antaranews /

EDITORNEWS ID - Meskipun jabatan barunya dalam sistem Tiongkok dipandang sebagian besar bersifat diplomatik dan seremonial. Penunjukan Li diawasi dengan ketat mengingat latar belakangnya, demikian ungkap para diplomat regional.

Masa jabatannya dimulai ketika Washington mendorong untuk memulihkan dialog dan komunikasi militer yang memburuk ketika Beijing bereaksi dengan marah terhadap kunjungan Agustus ke Taiwan oleh AS saat itu. Ketua DPR Nancy Pelosi.

Sejarah Li sebagai seorang teknokrat. Dia adalah seorang insinyur kedirgantaraan yang bekerja dalam program satelit China yang akan membantunya memainkan peran kunci dalam memenuhi target sementara tujuan Presiden Xi Jinping untuk PLA, kata para ahli.

"Latar belakang operasional dan teknologi menteri pertahanan Tiongkok berikutnya sangat relevan mengingat PLA bertujuan untuk menjadi militer kelas dunia paling lambat pada tahun 2049," ungkap James Char, seorang sarjana keamanan di S. Rajaratnam School of Internation Singapura.

Baca Juga: Rusia Mengeluarkan Permohonan Atas Rencana Ukraina untuk Merebut Biara Ortodoks

Pada tahun 2016, Li diangkat sebagai wakil komandan Pasukan Dukungan Strategis PLA yang saat itu sebuah badan elit yang ditugaskan untuk mempercepat pengembangan kemampuan perang ruang angkasa dan siber Tiongkok.

Dia kemudian diangkat sebagai kepala Departemen Pengembangan Peralatan Komisi Militer Pusat (CMC), badan pertahanan pemerintahan China yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping.

Sebagai direktur, ia disebutkan dalam sanksi yang dijatuhkan oleh Departemen Luar Negeri AS.

Pada September 2018 atas pembelian 10 pesawat tempur Su-35 pada tahun 2017 dan peralatan yang terkait dengan sistem rudal permukaan ke udara S-400 dari eksportir senjata utama Rusia, Rosoboronexport.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x