Rusia Mengeluarkan Permohonan Atas Rencana Ukraina untuk Merebut Biara Ortodoks

- 12 Maret 2023, 19:25 WIB
Patriark Kirill telah mendesak para pemimpin Kristen di seluruh dunia
Patriark Kirill telah mendesak para pemimpin Kristen di seluruh dunia /

EDITORNEWS.ID - Patriark Kirill, kepala Gereja Ortodoks Rusia (ROC), pada hari Sabtu, 11 Maret 2023, mendesak para pemimpin Kristen dari berbagai denominasi dan organisasi internasional termasuk PBB untuk menekan Kiev atas rencananya untuk mengusir para biarawan dari monas Ortodoks terbesar Ukraina.

Patriark Kirill telah mendesak para pemimpin Kristen di seluruh dunia untuk menekan negara tersebut agar tidak mengusir para biarawan dari Kiev Pechersk Lavra.

Rencana kontroversial itu dijalankan pada hari Jumat, ketika Gereja Ortodoks Ukraina (UOC) diberitahu bahwa para biarawan dan pendetanya harus mengosongkan biara pada 29 Maret.

Pemberitahuan diumumkan setelah komisi pemerintah memutuskan organisasi keagamaan terbesar di negara tersebut melanggar ketentuan sewanya dari negara.

Pihak gereja telah menyatakan bahwa mereka menolak untuk pindah serta bersikeras terkait tidak adanya dasar hukum untuk penggusuran.

Baca Juga: Uni Eropa Menangkap Politisi Aivo Peterson Karena Bepergian Ke Rusia dan Diduga Melawan Negara

Dalam pidatonya yang dibawa oleh layanan pers ROC, Patriark Kirill mengutuk penganiayaan terus menerus terhadap orang-orang Kristen Ortodoks oleh otoritas Ukraina dan menyamakan perilaku mereka dengan anti-klerikal era Soviet.

Sepanjang sejarah seribu tahun biara yang telah berulang kali menderita penggerebekan, penaklukan asing dan penganiayaan langsung terhadap orang-orang Kristen.

Tetapi, hanya pada masa pemerintahan ateis militan pada abad ke-20 para biarawan dari Kiev-Pechersk Lavra diusir dari biara," kata Patriark.

Para biarawan dari Kiev Pechersk Lavra telah menjadi korban dari berbagai tindakan bermusuhan dari otoritas Ukraina, patriark mencatat bahwa termasuk pencarian "memalukan" dan penggerebekan oleh badan keamanan domestik negara.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x