Direktur CIA Melihat Rusia Bahwa Terlalu Percaya Diri Jika Ingin Menang Melawan Ukraina

- 11 Maret 2023, 00:03 WIB
Terlepas dari moral dan masalah lain yang dihadapi pasukan Rusia di Ukraina
Terlepas dari moral dan masalah lain yang dihadapi pasukan Rusia di Ukraina /

EDITORNEWS.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin bertaruh bahwa pasukan Rusia dapat menang di Ukraina melalui perang chaos dan percaya "Ukraina lebih penting baginya daripada AS," kata Direktur CIA William Burns kepada anggota parlemen pada hari Kamis, 9 Maret 2023.

Terlepas dari moral dan masalah lain yang dihadapi pasukan Rusia di Ukraina, "Putin sangat mengambil pandangan jangka panjang," kata Burns kepada sidang Komite Intelijen DPR.

"Saya pikir dia berlipat ganda," kata Burns. "Saya yakin bahwa dia juga yakin jika dia dapat membuat waktu bekerja untuknya dan dia dapat meratakan Ukraina melalui perang chaos bahwa dia juga dapat melemahkan pendukung Ukraina.

"Dan dia juga yakin selama beberapa waktu bahwa Ukraina lebih penting baginya daripada bagi kami," kata kepala CIA, mantan duta besar AS untuk Rusia.

Baca Juga: Ambisi Armada Nuklir Australia Berencana Membeli Tiga Kapal Selam Kelas Virginia dari AS

Dalam laporan tahunannya tentang ancaman global, Kantor Direktur Intelijen Nasional menulis bahwa Rusia kemungkinan tidak akan dapat membuat keuntungan teritorial besar di Ukraina tahun ini dan akan sulit untuk merebut seluruh wilayah Donbas di timur negara tersebut.

"Militer Rusia telah dan akan terus menghadapi masalah gesekan, kekurangan personel dan tantangan moral yang telah membuat pasukannya rentan terhadap serangan balik Ukraina," kata laporan itu.

Mengenai China, Burns mengatakan Beijing belum membuat keputusan apakah akan mengambil tindakan militer untuk merebut kendali atas Taiwan.

Tetapi, mengatakan dia tidak akan "meremehkan ambisi kepemimpinan China saat ini terutama dalam hal tekad".***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x