Ambisi Armada Nuklir Australia Berencana Membeli Tiga Kapal Selam Kelas Virginia dari AS

- 10 Maret 2023, 23:22 WIB
Australia dapat membeli hingga lima kapal selam bertenaga nuklir AS
Australia dapat membeli hingga lima kapal selam bertenaga nuklir AS /

EDITORNEWS.ID - Australia dapat membeli hingga lima kapal selam bertenaga nuklir AS sebagai bagian dari pakta keamanan AUKUS dengan Washington dan London, reuters melangsir pada hari Rabu, 8 Maret 2023 dengan mengutip sumber tersebut.

Laporan itu muncul menjelang pertemuan antara Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di San Diego awal pekan depan untuk membahas langkah selanjutnya dalam kemitraan AUKUS.

Menurut empat pejabat AS yang diwawancarai oleh Reuters, pada awal 2030-an Australia akan membeli tiga kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Virginia dan memiliki opsi untuk membeli dua lagi.

CNN sebelumnya melaporkan dengan mengutip sumber bahwa negara Pasifik itu bermaksud membeli setidaknya empat kapal selam dari kelas ini.

Baca Juga: Peretas Membobol Server Stasiun Radio dan Saluran TV dan Mengirimkan Alarm Serangan Udara Palsu

Sementara kapal selam bertenaga nuklir tidak selalu membawa senjata nuklir. Mereka dapat tinggal di bawah air lebih lama daripada yang konvensional dan lebih sulit dideteksi.

Salah satu sumber Reuters mengklaim bahwa perjanjian AUKUS akan terdiri dari beberapa tahap yang mencakup hingga akhir 2030-an.

Dan akan melihat setidaknya satu kapal selam AS mengunjungi pelabuhan Australia di tahun-tahun mendatang.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah