Kanada Dilaporkan Telah Mengizinkan Ekspor Senjata Ke Riyadh untuk Memastikan Harga Minyak Rendah

- 14 Maret 2023, 21:59 WIB
Arab Saudi adalah "penjamin utama" minyak yang terjangkau untuk negara-negara Barat
Arab Saudi adalah "penjamin utama" minyak yang terjangkau untuk negara-negara Barat /

EDITORNEWS.ID - Pemerintah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau terus mengizinkan ekspor militer ke Arab Saudi karena melihat senjata tersebut membantu memastikan harga minyak rendah dan proksi Timur Tengah yang bersenjata lengkap untuk negara-negara Barat, menurut dokumen yang diperoleh outlet media online The Breach pada Senin, 13 Maret 2023.

Sebuah analisis oleh departemen pemerintah Global Affairs Canada berpendapat bahwa Arab Saudi adalah "penjamin utama" minyak yang terjangkau untuk negara-negara Barat.

Serta pasar penting bagi perusahaan senjata Kanada, The Breach melaporkan pada hari Senin, mengutip dokumen dengan tujuh halaman.

Senjata Kanada sangat penting untuk mempertahankan Riyadh sebagai "mitra keamanan yang integral dan dihargai," klaim laporan tersebut.

Baca Juga: Iran Menawarkan Solusi Terkait Tindakan Keras Pemerintah atas Demonstrasi dan Kematian Mahsa Amini

Analisis tersebut bertolak belakang dengan pernyataan Trudeau yang menunjukkan bahwa dia ingin membatalkan kontrak CAN$ 14,8 miliar ($ 10,8 miliar) untuk mengekspor kendaraan militer ke Arab Saudi di tengah kekhawatiran atas perang di Yaman dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada Oktober 2018.

Terlepas dari tekanan anti-Saudi pada pemerintah Liberal Kanada, Trudeau memilih untuk menegosiasikan kembali kesepakatan kendaraan, daripada membatalkannya dan mencabut pembekuan ekspor senjata ke kerajaan.

Mempersenjatai Arab Saudi dan membantu memberikan "benteng regional" melawan Iran artinya memberikan Barat kekuatan proksi yang mengurangi kebutuhan akan pengerahan pasukan besar Barat di Timur Tengah, demikian menurut analisis Global Affairs Canada.

Kanada, AS dan Inggris melihat Arab Saudi sebagai "mitra keamanan dan strategis utama," dokumen itu menunjukkan.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x