Bikin Was-Was, Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, Kembali Meluncurkan Sekaligus Dua Rudal Nuklir

- 20 Februari 2023, 19:46 WIB
Korea Utara menembakkan dua rudal balistik
Korea Utara menembakkan dua rudal balistik /

EDITORNEWS.ID - Korea Utara menembakkan dua rudal balistik lagi di lepas pantai timurnya pada hari Senin, 20 Februari 2023, ketika saudara perempuan Kim Jong Un memperingatkan pasukan AS untuk menghentikan latihan militer

Ia juga menambahkan bahwa negara nuklir yang tertutup itu dapat mengubah Pasifik menjadi jangkauan "jarak tembak".

Peluncuran itu dilakukan hanya dua hari setelah Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke laut lepas pantai barat Jepang.

Insiden tersebut mendorong Amerika Serikat untuk mengadakan latihan udara bersama dengan Korea Selatan dan secara terpisah dengan Jepang pada hari Minggu.

Baca Juga: Presiden Volodymyr Zelenskiy Mengatakan Bahwa Ukraina Akan Tetap Mempertahankan Wilayahnya

Media pemerintah Korea Utara mengonfirmasi bahwa pihaknya menembakkan dua proyektil dari peluncur roket ganda yang masing-masing mengarah ke target sejauh 395 km (245 mil) dan 337 km (209 mil).

"Peluncur roket ganda 600mm dimobilisasi dalam penembakan adalah sarana senjata nuklir taktis," yang mampu "melumpuhkan" lapangan terbang musuh, kata kantor berita negara KCNA.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan kedua rudal itu yang ditembakkan sekitar 2200 GMT mencapai ketinggian maksimum sekitar 100 km dan 50 km; dan jatuh di luar ZEE Jepang.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, mengatakan dia telah meminta pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB atas peluncuran tersebut dan kantor berita Jiji mengatakan pertemuan itu ditetapkan untuk 2000 GMT Senin.

Baca Juga: Ukraina Menekan Anggota Kongres Amerika Serikat untuk Segera Dikirimkan Bantuan Jet Tempur F-16

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x