Korea Utara Mengonfirmasi Bahwa Pihaknya Menguji Rudal Nuklir ICBM Antar Benua ke Wilayah Jepang

- 19 Februari 2023, 22:27 WIB
Korea Utara meluncurkan rudal balistik jarak jauh ke laut lepas pantai barat Jepang
Korea Utara meluncurkan rudal balistik jarak jauh ke laut lepas pantai barat Jepang /

EDITORNEWS.ID - Korea Utara mengatakan pada hari Minggu, 19 Februari 2023, bahwa pihaknya telah menembakkan rudal balistik antarbenua Hwasong-15 (ICBM) sehari sebelumnya.

Kejadian ini berlangsung dalam "latihan peluncuran tiba-tiba" yang mengkonfirmasi kesiapannya untuk "serangan balik yang bergerak dan perkasa" terhadap pasukan musuh.

Korea Utara meluncurkan rudal balistik jarak jauh ke laut lepas pantai barat Jepang pada Sabtu sore setelah memperingatkan tanggapan keras terhadap latihan militer yang akan datang oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat.

"Latihan peluncuran ICBM yang mengejutkan adalah bukti nyata dari upaya konsisten pasukan nuklir strategis DPRK untuk mengubah kapasitas serangan balik nuklir yang fatal terhadap pasukan musuh menjadi yang tak tertahankan," KCNA News melansir.

Baca Juga: Kim Man-bae, Seorang Tokoh di Korea Selatan Menjadi Kunci dalam Skandal Dugaan Korupsi Pembangunan

Saudara perempuan pemimpin Kim Jong Un, Kim Yo Jong, mengecam Amerika Serikat karena mencoba mengubah Dewan Keamanan PBB menjadi apa yang disebutnya sebagai "alat untuk kebijakan bermusuhan yang keji" terhadap Pyongyang.

"Saya memperingatkan bahwa kita akan mengawasi setiap gerakan musuh dan mengambil tindakan balasan yang sesuai dan sangat kuat dan luar biasa terhadap setiap gerakannya yang memusuhi kita," katanya dalam sebuah pernyataan.

Peluncuran rudal hari Sabtu, yang pertama bagi Korea Utara sejak 1 Januari, terjadi setelah Pyongyang mengancam pada hari Jumat tanggapan yang "gigih dan kuat yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Adapun upaya Korea Selatan dan Amerika Serikat bersiap untuk latihan militer tahunan sebagai bagian dari upaya untuk menangkis ancaman nuklir dan rudal Korea Utara yang terus meningkat.

Baca Juga: Di Cina, Tesla Diprediksi Bisa Memenangkan Pertempuran Harga Kendaraan Listrik Meskipun Itu Syulit

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x