Presiden Zelenskiy Menilai Presiden Prancis Membuang Waktu untuk Melakukan Pembicaraan dengan Putin

- 20 Februari 2023, 15:00 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, diambil dari instagram/@zelenskiy_official.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, diambil dari instagram/@zelenskiy_official. /

EDITORNEWS.ID – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa presiden Prancis, Emmanuel Macron membuang-buang waktu untuk mempertimbangkan melakukan pembicaraan dengan Rusia. Hal tersebut diungkapkan dalam wawancaranya pada hari Minggu.

Presiden Zelenskiy, yang diwawancarai oleh media Italia Corriere della Sera, menanggapi saran Macron bahwa Rusia harus "dikalahkan tetapi tidak dihancurkan" dan bahwa konflik di Ukraina harus diselesaikan melalui jalur negosiasi. Kedua presiden berbicara melalui telepon pada hari Minggu.

"Ini akan menjadi dialog yang tidak berguna. Nyatanya Macron membuang-buang waktunya. Saya sampai pada kesimpulan bahwa kami tidak bisa mengubah sikap Rusia," kata Zelenskiy kepada harian Italia itu.Ia juga tidak setuju dengan anggapan bahwa sanksi negara baratlah yang telah mendorong Presiden Rusia Vladimir Putin ke dalam isolasi.

"Justru keputusan untuk melancarkan peranglah yang membuat Putin terpinggirkan," katanya seperti dikutip.Pada hari Jumat, presiden Macron mendesak sekutu untuk meningkatkan dukungan militer kepada Ukraina. Ia juga mengatakan dalam sebuah wawancaranya dengan Journal du Dimanche dia tidak percaya pada perubahan rezim.

Baca Juga: Elon Musk Digampar Kecaman Usai Pasang Tarif Sistem Keamanan 2FA Melalui SMS di Twitter

Ia menyatakan bahwa ada sedikit peluang untuk solusi demokratis dari dalam masyarakat sipil Rusia dan tidak ada alternatif untuk membawa Putin kembali ke meja perundingan.

Komentar tersebut langsung ditanggapi oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, ia mengatakan bahwa Prancis harus mengingat kekalahan Napoleon Bonaparte pada abad ke-19 di Rusia.

Presiden Macron telah menuai kritik dari beberapa sekutu NATO karena menyampaikan pesan yang beragam mengenai kebijakannya tentang perang antara Ukraina dan Rusia.

Dalam menjelaskan percakapan mereka pada hari Minggu, Zelenskiy tidak menyebutkan komentar terbaru Macron. Para pemimpin membahas strategi, termasuk keputusan bersama yang menurut Zelenskiy akan dilakukan menjelang peringatan pertama invasi Rusia minggu ini.

Baca Juga: Menyusul Twitter, Facebook dan Instagram Mulai Rilis Centang Biru Berbayar

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x