Seorang Diplomat Senior Israel dan Delegasinya Telah Dikeluarkan dari KTT Tahunan Uni Afrika di Ethiopia

- 19 Februari 2023, 22:38 WIB
Kementerian Luar Negeri Israel mengutuk pengusiran itu
Kementerian Luar Negeri Israel mengutuk pengusiran itu /

EDITORNEWS.ID - Sharon Bar-li, wakil direktur divisi Afrika kementerian luar negeri Israel, dipindahkan dari lokasi di Addis Ababa bersama dengan timnya pada hari Sabtu, 18 Februari 2023.

Kementerian Luar Negeri Israel mengutuk pengusiran itu dengan alasan bahwa Israel adalah pengamat terakreditasi pada pertemuan tahunan Uni Afrika dan Bar-li menertibkan dokumennya.

"Israel memandang tajam insiden di mana wakil direktur untuk Afrika, Duta Besar Sharon Bar-Li, dikeluarkan dari aula Uni Afrika meskipun statusnya sebagai pengamat terakreditasi dengan lencana masuk," kata juru bicara Lior Hayat.

Hayat menyalahkan "sejumlah kecil negara ekstremis seperti Aljazair dan Afrika Selatan" atas keputusan untuk mem-boot Bar-li, mengklaim bahwa negara-negara ini "didorong oleh kebencian dan dikendalikan oleh Iran."

Baca Juga: Serangan Roket Israel yang Menghantam Jantung Kota Damaskus Menewaskan Lima Warga Sipil

Israel diberikan status pengamat di Uni Afrika pada tahun 2021, meskipun keputusan itu ditentang keras oleh beberapa anggota blok 55 negara, termasuk Afrika Selatan dan Aljazair.

Serikat pekerja merespons dengan membentuk komite untuk mengevaluasi kembali status Israel akibat tindakan yang dilakukan di Damaskus.

Seorang juru bicara Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa membantah bertanggung jawab. Sementara juru bicara Uni Afrika Ebba Kalondo mengatakan kepada Reuters bahwa serikat pekerja mengharapkan duta besar Israel untuk Ethiopia dan Uni Afrika, Aleli Admasu, alih-alih Bar-li.

Terlepas dari itu, Afrika Selatan mendukung keputusan untuk mengusir diplomat tersebut. "Ini bukan tentang Afrika Selatan atau Aljazair, ini masalah prinsip," ucap juru bicara Ramaphosa yang dilansir Reuters.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x