Diplomat Top Beijing Menyarankan Washington Seharusnya Lebih Fokus Pada Masalah Internal

- 19 Februari 2023, 22:44 WIB
Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping /Dok. Xinhua/

EDITORNEWS.ID - Reaksi AS terhadap dugaan balon mata-mata Tiongkok dan penembakan tiga benda terbang tak dikenal lainnya, "tidak masuk akal dan histeris,"Diplomat berpangkat tertinggi China, Wang Yi, mengatakan kepada Konferensi Keamanan Munich pada hari Sabtu, 18 Februari 2023.

"Itu tidak menunjukkan bahwa Amerika kuat, sebaliknya itu menunjukkan sebaliknya," kata mantan menteri luar negeri yang baru-baru ini dipromosikan untuk mengarahkan kebijakan luar negeri negara itu di Politbiro Partai Komunis China yang beranggotakan 24 orang.

AS meluncurkan perburuan besar-besaran UFO setelah jatuhnya beberapa balon udara pada 4 Februari, dari apa yang diklaimnya sebagai kapal pengintai China yang dikirim untuk memata-matai situs militer dan lokasi sensitif lainnya.

Beijing telah berulang kali membantah tuduhan itu danbersikeras bahwa balon itu adalah perangkat cuaca sipil yang telah meledak secara tidak sengaja.

Baca Juga: Seorang Diplomat Senior Israel dan Delegasinya Telah Dikeluarkan dari KTT Tahunan Uni Afrika di Ethiopia

"Di seluruh dunia ada banyak balon di langit, dari berbagai negara. Apakah anda ingin menurunkan masing-masing dari mereka?" Wang bertanya-tanya. Washington sendiri telah menerbangkan balon ketinggian tinggi di atas wilayah udara China setidaknya 10 kali sejak Mei 2022, klaim Beijing pekan lalu.

Insiden balon itu memperdalam keretakan diplomatik dan menggagalkan kunjungan langka Menteri Luar Negeri AS ke Beijing, tetapi pada hari Sabtu, Antony Blinken menghadapi Wang di sela-sela konferensi Munich untuk membuatnya "jelas Amerika Serikat tidak akan membela pelanggaran apa pun terhadap kedaulatan kita."

Dia juga memberi kuliah kepada mitranya dari Tiongkok tentang konflik Ukraina, uji coba rudal Korea Utara, dan Taiwan, serta "nilai-nilai dan kepentingan" Washington, demikian menurut sebuah bacaan singkat.

Tidak jelas apa yang dikatakan Wang kepada Blinken secara pribadi, tetapi dalam pidato publik dia mendesak Washington untuk "memperbaiki" pendekatannya yang salah arah terhadap hubungan China-AS.

Baca Juga: Serangan Roket Israel yang Menghantam Jantung Kota Damaskus Menewaskan Lima Warga Sipil

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x