Presiden Volodymyr Zelenskiy Mengatakan Bahwa Ukraina Akan Tetap Mempertahankan Wilayahnya

- 20 Februari 2023, 19:43 WIB
Penting bagi kami untuk mempertahankannya, tetapi tidak dengan harga berapa pun dan tidak bagi semua orang untuk mati, kata Zelenskiy.
Penting bagi kami untuk mempertahankannya, tetapi tidak dengan harga berapa pun dan tidak bagi semua orang untuk mati, kata Zelenskiy. /

EDITORNEWS.ID - Zelenskiy dikutip di harian Italia Corriere della Sera ketika perdebatan berkecamuk tentang apakah pasukan Kyiv yang kalah jumlah harus tetap berada di kota Ukraina timur yang telah dihancurkan oleh penembakan Rusia.

Bakhmut, di garis depan wilayah Donetsk, memiliki populasi sebelum perang 70.000, tetapi sekarang pejabat Ukraina memperkirakan kurang dari 5.000 warga sipil yang tersisa.

"Ya, ini bukan kota yang sangat besar. Faktanya, seperti banyak orang lain di Donbas yang sudah dihancurkan oleh Rusia. Penting bagi kami untuk mempertahankannya, tetapi tidak dengan harga berapa pun dan tidak bagi semua orang untuk mati," kata Zelenskiy.

Analis mengatakan kota itu memiliki lebih banyak simbolis daripada nilai strategis sebagai pintu gerbang ke kota-kota yang lebih jauh ke barat di wilayah Donetsk.

Baca Juga: Ukraina Menekan Anggota Kongres Amerika Serikat untuk Segera Dikirimkan Bantuan Jet Tempur F-16

Zelenskiy mengatakan bahwa komandan Rusia bertekad untuk mendesak ke kota-kota Kramatorsk dan Sloviansk  lebih jauh ke barat di wilayah Donetsk "dan sejauh pusat kota Dnipro."

Rusia melancarkan invasinya setahun yang lalu minggu ini dan telah berkonsentrasi untuk mengamankan kendali atas Donbas yang terdiri dari wilayah Donetsk dan Luhansk setelah awalnya gagal untuk maju di ibukota Kyiv.

Pasukan Rusia telah mengepung Bakhmut sejak Juli ketika mereka merebut dua kota besar yang lebih jauh ke utara.

Pasukan Rusia yang dipelopori oleh pasukan tentara bayaran Grup Wagner Rusia telah membuat keuntungan tambahan di desa-desa terdekat danpertempuran telah menelan distrik utaranya dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Amerika-Korea Selatan Menggelar Latihan Udara Gabungan Sehari Setelah Peluncuran Rudal Korea Utara

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x