Inggris Sedang Mempersiapkan Diri Akan Keruntuhan Ekonomi Jika China Menginvasi Taiwan

- 16 Februari 2023, 19:34 WIB
Pejabat Whitehall telah menyusun strategi serangkaian skenario tentang kejatuhan ekonomi
Pejabat Whitehall telah menyusun strategi serangkaian skenario tentang kejatuhan ekonomi /

EDITORNEWS.ID - Pejabat Whitehall telah menyusun strategi serangkaian skenario tentang kejatuhan ekonomi yang dapat terjadi jika China menginvasi Taiwan, kata sumber kepada Guardian.

Kekhawatiran tentang gangguan besar pada rantai pasokan global dan konsekuensi dari setiap tanggapan barat yang terkoordinasi telah diperiksa oleh pegawai negeri sebagai bagian dari apa yang dikatakan merupakan latihan "pemindaian ke depan" rutin.

Kantor Luar Negeri mengatakan tidak ada perubahan pada skala atau urgensi pekerjaan itu, meskipun mereka mengakui invasi skala penuh Rusia ke Ukraina tahun lalu telah memberinya presain baru.

Menjelang pembaruan strategi pertahanan dan keamanan Inggris, yang dikenal sebagai tinjauan terpadu, perdana menteri, Rishi Sunak, menghadapi tekanan dari China di partainya untuk mengklasifikasikan kembali negara itu sebagai "ancaman" alih-alih "tantangan sistemik".

Baca Juga: Seif al-Adel, Mantan Perwira Pasukan Khusus Mesir dan Petinggi al Qaeda Jadi Buronan Senilai $10 juta

Pada hari Jumat, pendahulunya, Liz Truss, akan memberikan pidato di Jepang yang akan dipandang sebagai upaya untuk mendorong Sunak untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap China di tengah keributan atas "balon mata-mata" yang ditembak jatuh di AS.

The Guardian telah mengetahui bahwa pejabat Whitehall telah membuat sketsa implikasi dari invasi ke Taiwan oleh Tentara Pembebasan Rakyat.

Kekhawatiran tentang konflik semacam itu telah berkembang baru-baru ini dan prediksi tentang kapan itu bisa terjadi berkisar sejauh 2049.

Pemerintah China mengklaim Taiwan sebagai provinsi dan perdana menteri otoriternya, Xi Jinping, diatur pada apa yang disebutnya "penyatuan kembali".***

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x