Selandia Baru Telah Menyatakan Keadaan Darurat Nasional dan Evakuasi Akibat Topan Gabrielle

- 14 Februari 2023, 20:33 WIB
musibah ini telah menjadi malam yang besar bagi warga Selandia Baru di seluruh negeri,
musibah ini telah menjadi malam yang besar bagi warga Selandia Baru di seluruh negeri, /

EDITORNEWS.ID - Kieran McAnulty, menteri manajemen darurat, mengatakan bahwa sementara Selandia Baru sekarang melalui badai terburuk, lebih banyak hujan dan angin kencang diperkirakan.

Perdana Menteri Chris Hipkins mengucapkan, "musibah ini telah menjadi malam yang besar bagi warga Selandia Baru di seluruh negeri, tetapi khususnya di Pulau Utara bagian atas masih banyak keluarga yang mengungsi, banyak rumah tanpa listrik, kerusakan luas terjadi di seluruh negeri".

Negara itu menderita banjir yang luas, tanah longsor dan kerusakan jalan dan infrastruktur, tambahnya.

Gabrielle berjarak 100 km (60 mil) timur Auckland, dekat pantai timur Pulau Utara negara itu dan diperkirakan akan bergerak ke timur-tenggara — kira-kira sejajar dengan pantai.

Baca Juga: PBB Telah Mengecam Kegagalan untuk Mengirimkan Bantuan yang Sangat Dibutuhkan di Turki-Suriah

Cuaca buruk akan meluas ke bagian atas Pulau Selatan saat topan bergerak, kata peramal cuaca.

Selanjutnya, pihak berwenang telah mengevakuasi permukiman pantai dan masih meminta orang-orang untuk meninggalkan rumah karena sungai terus membengkak dan air pasang naik. Jalan ditutup, layanan telepon seluler turun dan beberapa kota terputus.

Hipkins mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan berapa banyak orang yang mengungsi atau terluka. Tidak ada kematian yang dikonfirmasi.

Kemudian, media lokal menerbitkan foto dan video orang-orang duduk di atas bangunan yang dikelilingi oleh air banjir, rumah-rumah yang tersapu ke dasar bukit oleh tanah longsor dan jalan di bawah air.

Baca Juga: 3 Gempa Bumi Terparah Yang Pernah Terjadi Sejak Tahun 2000

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x