3 Gempa Bumi Terparah Yang Pernah Terjadi Sejak Tahun 2000

- 14 Februari 2023, 10:19 WIB
Dampak Gempa Bumi di Suriah
Dampak Gempa Bumi di Suriah /

EDITORNEWS.ID - Gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang kerap kali terjadi dan paling sering menelan korban. Di Indonesia sendiri hampir setiap hari terjadi gempa di wilayah tertentu.

Penyebab terjadinya gempa bumi ada beberapa faktor. Bisa disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi yang menyebabkan gempa bumi tektonik dan bisa juga gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi yang menimbulkan gempa bumi vulkanik.

Negara-negara yang berada di atas lempeng dunia menjadi negara yang paling rawan terjadinya gempa. Termasuk Indonesia yang berada dalam wilayah ring of fire atau cincin api pasifik yang menjadi pertemuan tiga lempeng tektonik dunia.

Lempeng itu adalah lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik.Berikut ini daftar 5 gempa terparah yang pernah terjadi  berdasarkan korban jiwa sejak tahun 2000.

Baca Juga: Gempa Bumi yang Melanda Turki Tergolong Gempa Mematikan

Gempa Haiti, 2010

Pada 12 Januari 2010, ibu kota Port-au-Prince dan sekitarnya diguncang gempa berkekuatan 7 skala richter.

Gempa itu menelan korban jiwa lebih dari 300.000 orang, dan mengakibatkan sekitar 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal serta fasilitas publik.

Gempa yang disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik ini juga diikuti beberapa gempa susulan dengan kekuatan yang cukup besar.

Gempa dan Tsunami Samudra Hindia, 2004

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x