Internasional Monetary Fund (IMF) Menyampaikan Berita Ekonomi yang Menggembirakan kepada Vladimir Putin

- 12 Februari 2023, 21:56 WIB
 Ilustrasi. IMF singgung utang Indonesia dan China.
Ilustrasi. IMF singgung utang Indonesia dan China. /Pixabay/PabitraKaity/

EDITORNEWS.ID - Badan internasional baru-baru ini memperkirakan bahwa Rusia akan menghindari resesi pada tahun 2023 dan berkembang sebesar 0,3 persen setelah menyusut sebesar 2,2 persen pada tahun 2022. Itu berarti stagnasi semu, tetapi masih terlihat terlalu positif.

Pada pandangan pertama, perkiraan terbaru IMF adalah alasan untuk harapan bagi ekonomi yang babak belur oleh biaya invasinya ke Ukraina dan sanksi terkait.

Meskipun, prospek ekonomi global tidak terlihat mengerikan seperti yang mereka lakukan beberapa bulan yang lalu, revisi Rusia signifikan. Pada Oktober, IMF melihat PDB negara itu berkontraksi sebesar 2,3 persen tahun ini.

IMF belum merinci asumsi yang mendasari prospek Rusia yang optimis. Ekonom Rusia, yang disurvei bulan ini oleh bank sentral negara itu, masih memperkirakan PDB turun 1,5 persen tahun ini.

Baca Juga: Presiden Iran, Ebrahim Raisi, Akan Mengunjungi China Sebagai Bagian Dari Langkah Terbaru Beijing

The Bell News Melangsir, kementerian ekonomi masih memperkirakan bahwa output akan berkontraksi sebesar 0,8 persen.

Kunci optimisme IMF mungkin adalah asumsinya tentang harga minyak dan efek dari larangan dan pembatasan harga baru-baru ini oleh Uni Eropa dan kelompok negara-negara industri G7.

Langkah-langkah itu tidak akan "secara signifikan" mempengaruhi ekspor minyak Rusia, kata IMF. Itu adalah masalah perdebatan sengit di antara para ekonom karena harga minyak tetap di bawah batas yang ditetapkan oleh G7.

Banyak yang akan tergantung pada evolusi harga minyak tahun ini. Ekspor minyak dan gas berjumlah sekitar 15 persen dari PDB Rusia pada tahun 2021, dan pajak terkait membiayai lebih dari 40 persen anggaran pemerintah.

Baca Juga: Jet Tempur F-22 AS Menembak Jatuh Objek Silinder yang Tidak Dikenal Di Atas Langit Kanada

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x