Kerja Sama Pertahanan Antara Korea Utara dan Rusia Tidak Baik untuk Semenanjung Korea

- 11 Februari 2023, 21:27 WIB
Senjata nuklir.
Senjata nuklir. /Curriculum Nacional

EDITORNEWS.ID - John Kirby, koordinator The National Security Council (NSC) untuk komunikasi strategis menegaskan bahwa Pyongyang telah memberikan amunisi artileri kepada Rusia untuk digunakan dalam agresi yang sedang berlangsung terhadap Ukraina.

Saya berada di sini belum lama ini berbicara tentang hubungan pertahanan yang berkembang antara Iran dan Rusia  yang tidak hanya tidak baik untuk rakyat Ukraina.

Ini tidak baik bagi orang-orang di Timur Tengah karena akan mengalir dua arah dan kemampuan Rusia bisa berakhir di tangan Iran," kata Kirby dalam jumpa pers di Gedung Putih.

"Kami tahu bahwa Korea Utara menyediakan amunisi untuk artileri Rusia, amunisi secara khusus," kata Kirby.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Bunker Nuklir Rahasia Di Hutan Rold Denmark Utara Dibuka Untuk Umum

"Dan saya akan mengatakan hal yang sama tentang Korea Utara," tambahnya.

Pejabat NSC sebelumnya memberikan citra satelit dari gerbong kereta api Rusia yang melakukan perjalanan antara Rusia dan Korea Utara pada November untuk mengirimkan amunisi Korea Utara ke organisasi para-militer Rusia, Wagner Group, untuk digunakan di Ukraina.

"Dan sekali lagi, itu tidak hanya tidak baik untuk rakyat Ukraina, itu tidak baik untuk Semenanjung Korea dan kawasan di sana bahwa Rusia, Korea Utara bisa, sekali lagi, mengembangkan hubungan pertahanan yang lebih dalam," tambahnya.

Rusia dan China berhasil menggagalkan 10 pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diadakan tahun lalu untuk secara khusus membahas masalah Korea Utara.

Baca Juga: FBI Melakukan Penggeledahan di Kediaman Pence di Indiana dan Dokumen Rahasia Ditemukan

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x