Terkait Hacker atau Peretas dari Korea Utara Atas Pencurian Kripto, Akhirnya Korea Selatan Memutuskan Menjatuh

- 10 Februari 2023, 22:26 WIB
Ilustrasi, Terkait Peretas Kripto
Ilustrasi, Terkait Peretas Kripto /

EDITORNEWS.ID - Korea Selatan menjatuhkan sanksi independen, Jumat, pada empat peretas Korea Utara.

Tujuh kelompok atas kejahatan dunia maya yang diduga mereka lakukan untuk membantu mendanai program senjata rezim.

Mereka yang ingin terlibat dalam transaksi keuangan (termasuk cryptocurrency) dengan siapa pun dalam daftar itu diharuskan untuk menerima persetujuan dari gubernur Bank of Korea atau Komisi Jasa Keuangan terlebih dahulu.

Korean Times melangsir, Nama-nama pakar teknologi - Park Jin-hyok, Cho Myung-rae, Song Rim dan Oh Choong-song - serta organisasi yang memiliki langsung atau dugaan koneksi ke rezim - Chosun Expo Joint Venture, Lazarus Group, Bluenoroff, Andariel, University of Automation (sebelumnya dikenal sebagai Mirim College), Lab 110 dan divisi teknologi di bawah Biro Umum Pengintaian (RGB) Korea Utara - masuk dalam daftar.

Baca Juga: Data Mengungkapkan Bahwa Anak-Anak di Inggris di Unit Gawat Darurat Untuk Masalah Kesehatan Mental

"Ini adalah sanksi independen pertama Korea Selatan terhadap Korea Utara di bidang aktivitas siber — yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan risiko transaksi aset virtual dengan Korea Utara di seluruh dunia," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Pelanggar dapat dituntut berdasarkan undang-undang mengenai pencegahan pendanaan untuk penyebaran senjata pemusnah massal.

Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diungkapkan awal pekan ini oleh Reuters menunjukkan bahwa peretas terkait Korea Utara mencuri rekor jumlah aset virtual senilai setidaknya $ 630 juta tahun lalu, naik tajam dari $ 400 juta pada tahun 2021.

Park, seorang programmer komputer di Chosun Expo Joint Venture, telah lama dicari oleh Biro Investigasi Federal AS (FBI) karena meretas jaringan komputer Sony Pictures Entertainment pada tahun 2014 dan serangan siber ransomware WannaCry di seluruh dunia 2017.

Baca Juga: Korban Tewas yang Dikonfirmasi Mencapai 21.000 Dari Gempa Paling Mematikan dalam Beberapa Dekade di Turki-Suri

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x