Peneliti Asal Belanda Mendadak Viral Usai Prediksi Gempa di Turki

- 10 Februari 2023, 13:54 WIB
Postingan Frank Hoogwrbeets
Postingan Frank Hoogwrbeets /

EDITORNEWS.ID - Dunia dikejutkan dengan gempa dengan kekuatan magnitudo 7,8 yang mengguncang daerah Turki hingga Suriah. Guncangannya bahkan terasa hingga Lebanon, Mesir, Siprus, Israel dan juga Irak.

Gempa tersebut terjadi pada hari Senin 6 Februari 2023 di mana korban meninggal hingga saat ini mencapai 9.600 jiwa lebih dan 38.000 mengalami luka-luka.

Sebelumnya seorang peneliti asal Belanda telah memprediksi bahwa memang akan terjadi gempa di Turki.Tanggal 3 Februari 2023 kemarin, Frank Hoogwrbeets telah mengunggah sebuah peta Turki dan menuturkan akan ada gempa di sana. Sesuai dengan prediksi Frank Hoogerbeets, gempa terjadi di Turki bahkan terasa hingga di Suriah dan Lebanon.

 

 

Gempa pertama kali mengguncang wilayah Turki di hari Senin dini hari tanggal 6 Februari 2023 dengan kekuatan 7,8 M. Siang harinya, gempa susulan pun kembali terjadi berkekuatan 7,5 M pada pukul 13.34 waktu setempat.

Baca Juga: Posisi Erdogan Terancam Mendekati Pemilihan Presiden Tahun Ini, Imbas dari Gempa Turki-Suriah

Pusat gempa sendiri terletak pada lokasi yang berjarak 4 km sebelah Selatan ke Tenggara Kota Ekinozu dengan kategori gempa termasuk dangkal.
Hoogerbeets ikut bersedih karena sesuai analisisnya bahwa bencana gempa benar-benar terjadi di wilayah Turki.

Unggahan dari Hoogerbeets pun viral karena memang sesuai dengan fakta yang terjadi. Kala itu Frank Hoogerbeets mengunggah sebuah hasil analisis geometri antar benda langit terkait dengan aktivitas seismik di akun media sosial Twitter miliknya.

Diketahui Frank Hoogerbeets bekerja di SSGEOS (Survei Geometri Tata Surya). SSGEOS merupakan lembaga penelitian yang bertugas memantau geometri benda langit dalam hubungannya dengan aktivitas seismik.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x