Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Mencapai 11.200, Namun Lebih Banyak Korban Selamat yang Ditemukan

- 8 Februari 2023, 22:34 WIB
Korban tewas gempa Turki-Suriah mencapai 11.200,
Korban tewas gempa Turki-Suriah mencapai 11.200, /

EDITORNEWS.ID - Tim penyelamat masih mencari korban selamat pada Rabu dari puing-puing gempa yang menewaskan lebih dari 11.200 orang di Turki dan Suriah.

Ribuan pencari telah bekerja dalam suhu beku untuk menemukan mereka yang masih hidup di bawah bangunan yang rata di kedua sisi perbatasan.

Kepala Bulan Sabit Merah Turki Kerem Kinik telah memperingatkan bahwa 72 jam pertama sangat penting dalam upaya pencarian dan penyelamatan, tetapi menunjuk pada komplikasi "kondisi cuaca buruk".

Para relawan juga menyelamatkan beberapa anak yang ditemukan di bawah bangunan yang runtuh di provinsi Hatay, Turki—terpukul keras, di mana seluruh bentangan kota telah diratakan.

Baca Juga: Perusahaan Korea Bergerak Untuk Mendukung Korban di Turki dan Suriah yang Dilanda Gempa Bumi

"Tiba-tiba kami mendengar beberapa suara dan terima kasih kepada ekskavator. Segera kami mendengar suara tiga orang pada saat yang sama," ucap seorang relawan.

"Kami mengharapkan lebih banyak dari mereka yang mengevakuasi orang dari sini hidup-hidup," tambahnya.

Para pejabat dan petugas medis mengatakan 8.574 orang telah tewas di Turki dan 2.662 di Suriah dari getaran hari Senin, sehingga totalnya menjadi 11.236 - tetapi itu masih bisa berlipat ganda jika ketakutan terburuk para ahli terwujud.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan bahwa waktu sangat terbatas untuk ribuan orang yang terluka dan mereka yang dikhawatirkan masih terjebak di antara puing-puing.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x