Setelah Amerika Menembak Balon, Semua Mata Sekarang Terfokus Pada Hubungan Tiongkok-AS

- 14 Februari 2023, 23:26 WIB
Diplomat senior dari ketiga negara bertemu di Washington
Diplomat senior dari ketiga negara bertemu di Washington /

EDITORNEWS.ID - Pembicaraan diplomatik terkait peningkatan kerja sama trilateral yang dimaksudkan untuk 'mendorong kembali' perilaku Tiongkok yang menantang 'tatanan regional dan internasional berbasis aturan'.

Sedangkan, AS berupaya untuk menyelaraskan diri dengan Jepang dan Korea Selatan untuk melawan China, pemerintahan Biden menjelaskan pada hari Senin ,13 Februari 2023, di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing setelah isu balon mata-mata.

Diplomat senior dari ketiga negara bertemu di Washington pada hari Senin untuk membahas rencana peningkatan kerja sama keamanan mereka di kawasan Indo-Pasifik dan dunia.

Pembicaraan trilateral itu menyentuh tantangan yang ditimbulkan oleh Beijing dan kebutuhan untuk menanggapi dengan persatuan di dalam dan luar negeri, demikian menurut Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman.

Baca Juga: Di Amerika, Seorang Pria Bersenjata Melepaskan Tembakan Di Kampus Michigan State University

"Kami mengulangi pesan penting kami," kata Sherman pada hari Senin tentang pertemuan dengan rekan-rekannya dari Jepang dan Korea Selatan.

"Kami akan tetap selaras dengan Korea Selatan, Jepang, sekutu dan mitra lainnya di seluruh dunia untuk mendorong kembali perilaku RRT yang menantang tatanan regional dan internasional berbasis aturan," tambahnya.

"Kami akan terus melawan aktivitas destabilising RRT di Laut Cina Selatan dan Timur. Kami akan terus bekerja untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan."

Pernyataan Sherman datang ketika hubungan yang tegang di seluruh Pasifik telah memburuk dalam dua minggu terakhir karena balon China yang terdeteksi di atas langit Amerika.

Baca Juga: Selandia Baru Telah Menyatakan Keadaan Darurat Nasional dan Evakuasi Akibat Topan Gabrielle

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x