Korea Selatan-Turki Semakin Mesra Akibat Curahan Bantuan yang Dilakukan dengan Sepenuh Hati

- 15 Februari 2023, 11:53 WIB
Anda harus datang ke Korea untuk memahami sebuah perasaan. Bukannya anda tidak akan mengerti perasaan itu dari kejauhan
Anda harus datang ke Korea untuk memahami sebuah perasaan. Bukannya anda tidak akan mengerti perasaan itu dari kejauhan /

EDITORNEWS.ID - Korea Selatan telah menawarkan bantuan kemanusiaan darurat senilai 5 juta dolar AS dan mengirim gelombang awal 118 pekerja penyelamat ke Turki, 7 Februari, sementara ada rencana untuk mengirim gelombang kedua pekerja penyelamat serta pasokan bantuan tambahan.

Duta Besar Turki untuk Korea, Murat Tamer, menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang diberikan rakyat Korea untuk negaranya yang dilanda gempa berkekuatan 7,8 SR pekan lalu.

Tamer menambahkan bahwa curahan bantuan telah "membuka kembali halaman" dari sejarah kedekatan bersama mereka.

"Sebelum datang ke Korea, saya tahu bahwa ada hubungan mesra antara kedua negara kita, tetapi saya pikir itu hanya basa-basi atas apa yang terjadi 70 tahun yang lalu.

Baca Juga: NATO Dibikin Was-Was Sebab Pasukan Rusia Membombardir Bakhmut Ukraina dengan Serangan Besar

Tetapi, ketika gempa bumi terjadi, hubungan kita mencapai fase kedua," kata duta besar itu dalam kunjungannya ke The Korea Times, Selasa (14/02/2023).

 

"Anda harus datang ke Korea untuk memahami sebuah perasaan. Bukannya anda tidak akan mengerti perasaan itu dari kejauhan, tetapi begitu anda datang ke Korea dan melihat (tanggapan Korea), apakah itu tidak dapat dipercaya jika kamu sangat berarti bagi saya."

"Kami kehilangan lebih dari 33.000 orang dan jumlahnya meningkat pesat. Hampir 100.000 orang terluka dan sekitar 10.000 rumah hancur total, kebanyakan dari mereka tidak layak huni, terlalu berbahaya untuk masuk," kata Tamer.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x