NATO Dibikin Was-Was Sebab Pasukan Rusia Membombardir Bakhmut Ukraina dengan Serangan Besar

- 14 Februari 2023, 23:52 WIB
Posisi di Bakhmut telah dibentengi dan hanya orang-orang dengan peran militer yang diizinkan masuk.
Posisi di Bakhmut telah dibentengi dan hanya orang-orang dengan peran militer yang diizinkan masuk. /

EDITORNEWS.ID - Posisi di Bakhmut telah dibentengi dan hanya orang-orang dengan peran militer yang diizinkan masuk.

Sementara setiap warga sipil yang masih ingin meninggalkan kota harus berani memadamkan api yang masuk, kata seorang wakil komandan batalion pada hari Senin,13 Februari 2023.

Kota Bakhmut di Ukraina timur menghadapi tembakan artileri berat ketika kepala NATO mendukung laporan dari pejabat setempat bahwa serangan besar Rusia telah dimulai, beberapa hari sebelum peringatan pertama invasi Moskow.

Pembela Ukraina yang telah bertahan selama berbulan-bulan bersiap untuk serangan darat baru, ucap pejabat militer Ukraina pada Senin (13 Februari), dilansir oleh Reuters.

Baca Juga: NATO Dibikin Was-Was Sebab Pasukan Rusia Membombardir Bakhmut Ukraina dengan Serangan Besar

Bakhmut adalah tujuan utama bagi Presiden Rusia Vladimir Putin, dan operasinya akan memberi Rusia pijakan baru di wilayah Donetsk; kemenangan langka setelah berbulan-bulan mengalami kemunduran.

Wilayah Donetsk dan Luhansk membentuk Donbas, jantung industri Ukraina yang sekarang sebagian diduduki oleh Rusia yang menginginkan kendali penuh.

"Kami melihat bagaimana mereka mengirim lebih banyak pasukan, lebih banyak senjata, lebih banyak kemampuan," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Serangan Rusia terhadap Bakhmut telah dipelopori oleh tentara bayaran dari kelompok Wagner — yang telah membuat keuntungan kecil namun stabil. Pemboman Rusia yang diperbarui membuat situasi di sana semakin akut.

Baca Juga: Setelah Amerika Menembak Balon, Semua Mata Sekarang Terfokus Pada Hubungan Tiongkok-AS

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x