Seif al-Adel, Mantan Perwira Pasukan Khusus Mesir dan Petinggi al Qaeda Jadi Buronan Senilai $10 juta

- 16 Februari 2023, 19:29 WIB
Seif al-Adel sudah beroperasi sebagai pemimpin kelompok secara de facto
Seif al-Adel sudah beroperasi sebagai pemimpin kelompok secara de facto /

EDITORNEWS.ID - Al Qaeda belum secara resmi menunjuk pengganti Ayman al-Zawahiri, yang diyakini telah terbunuh dalam serangan rudal AS di Kabul tahun lalu, memberikan pukulan bagi organisasi itu sejak pendirinya Osama bin Laden terbunuh pada 2011.

Meskipun, seorang pejabat intelijen AS mengatakan pada Januari bahwa suksesi Zawahiri tetap tidak jelas.

Laporan PBB mengatakan: "Dalam diskusi pada bulan November dan Desember, banyak negara anggota berpandangan bahwa Seif al-Adel sudah beroperasi sebagai pemimpin kelompok secara de facto dan tidak terbantahkan."

Kematian Zawahiri menumpuk tekanan pada kelompok itu untuk memilih pemimpin strategis yang dapat dengan hati-hati merencanakan operasi mematikan dan menjalankan jaringan jihad, kata para ahli di al Qaeda.

Baca Juga: NATO Terus Menyuplai Peralatan Militer Ke Ukraina, Rusia Mengatakan Itu Adalah Keuntungan

Tidak seperti pendahulunya yang terbunuh yang mempertahankan profil tinggi dengan video berapi-api yang disiarkan di seluruh dunia yang mengancam Amerika Serikat.

Para ahli mengatakan Adel merencanakan serangan dari bayang-bayang saat ia membantu mengubah al Qaeda menjadi kelompok militan paling mematikan di dunia.

Adel didakwa pada November 1998 oleh juri federal AS atas perannya dalam serangan bom di kedutaan besar AS di Tanzania dan Kenya yang menewaskan 224 warga sipil dan melukai lebih dari 5.000 orang.

Ada beberapa foto dirinya, selain dari tiga gambar termasuk gambar hitam putih yang sangat serius tentang dirinya di daftar paling dicari FBI.

Baca Juga: Indikasikan Kecurangan, Pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI Resmi Diulang

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x