Kongres Luar Biasa PSSI Digelar Hari Ini, Siapa Saja Calon Ketuanya?

- 16 Februari 2023, 12:36 WIB
Para calon ketua PSSI duduk berdampingan
Para calon ketua PSSI duduk berdampingan /

EDITORNEWS.ID - PSSI menggelar Kongres Luar Biasa pada Kamis 16 Februari 2023. Acara ini kabarnya bakal digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta. Kongres Luar Biasa (KLB) akan membahas beberapa hal penting, salah satu yang ditunggu-tunggu adalah pemilihan Ketua Umum PSSI yang baru. Dikabarkan ada sekitar 13 agenda yang akan dilaksanakan dalam KLB tahun ini.

Untuk bursa calon Ketua Umum PSSI, ada beberapa nama yang muncul. Nama-nama ini sudah tidak asing lagi di telinga publik, terkhusus bagi para pecinta sepakbola. Total ada 5 calon Ketua Umum PSSI yang mengajukan diri. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono.

Dua nama pertama sudah sangat akrab dengan dunia sepakbola. La Nyalla merupakan mantan Ketua Umum PSSI pada tahun 2015-2016. Ia juga sebelumnya pernah menjadi wakil ketua umum PSSI pada 2013-2015. Namun rekam jejak La Nyalla tercoreng karena pernah dibui akibat kasus korupsi yang menjeratnya.

Sementara itu, Erick Thohir yang masih menjabat sebagai menteri BUMN sudah malang melintang di dunia sepakbola. Ia pernah menjadi pemilik saham mayoritas dari klub raksasa Italia, Inter Milan. Selain itu, ada DC United yang juga pernah berada dalam genggamannya. Kini ia masih memiliki saham di beberapa klub, di antaranya adalah Oxford United dan Persis Solo.

Baca Juga: Chelsea Harus Bertekuk Lutut Di Signal Iduna Park, Setelah Satu Gol Karim Adeyemi Memenangkan Dortmund

Calon ketiga adalah Doni Setiabudi. Doni merupakan CEO Bandung Premier League, yakni kompetisi sepak bola amatir di Jawa Barat yang sudah bergulir sejak 2017. Bandung Premier League (BPL) yang ia gagas dianggap sebagai suatu gebrakan di dunia sepakbola Indonesia karena beberapa kali menghadirkan inovasi dan teknologi yang bahkan belum pernah dicoba di Liga 1 Indonesia.

Beberapa teknologi itu seperti alat semacam VAR, lalu kamera replay beresolusi tinggi dan sebagainya. Jika terpilih, ia dinilai bisa membawa gebrakan baru di tubuh PSSI, melanjutkan kesuksesannya di Bandung Premier League.

Terakhir ada Arif Putra Wicaksono. Arif adalah CEO dari Nine Sport Inc, sebuah promotor event olahraga kenamaan di Indonesia. Salah satu kesuksesannya adalah berhasil menggelar laga persahabatan bertajuk FIFA Matchday antara Indonesia vs Belanda pada 2013 lalu. Di tahun itu juga Nine Sport berhasil mendatangkan Chelsea ke Indonesia.

Selain mendatangkan tim-tim Eropa, Arif bersama perusahaannya juga turut mengambil peran dalam upaya pengembangan bakat-bakat sepakbola Indonesia. Seperti memfasilitasi keberangkatan Evan Dimas saat menimba ilmu di klub Espanyol pada 2016 lewat program Players Development.

Baca Juga: Pemilik Twitter Dikabarkan Tertarik Membeli Manchester United

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x