Pentingnya Mengonsumsi Sayur Bagi Anak, agar Terhindar dari Penyakit Obesitas

- 26 Februari 2023, 23:06 WIB
Ilustrasi salad sayur
Ilustrasi salad sayur /

EDITORNEWS.ID – Memberi makanan sayur kepada anak menjadi tantangan besar bagi orang tua, sebab kebanyakan anak tidak mau memakan sayur. Faktanya kurang memakan sayur dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan anak.

Oleh karena itu, orang tua perlu mencari cara agar anak mau memakan sayur. Anak memasuki usia 1 hingga 12 tahun perlu mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan dengan optimal.

Jenama suplemen VegeBlend 21 Jr, mengatakan bahwa terdapat tiga cara yang dapat dilakukan orang tua agar anak berselera makan sayur, yakni menyajikan sayur dengan tampilan menarik, membiarkan anak memilih sayur saat berbelanja dan mengajaknya masak sayur bersama.

Perlu diketahui apabila anak kurang makan sayur akan mengalami empat masalah, yakni

  1. Risiko obesitas

Sayur memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko obesitas.Apabila anak kurang memakan sayur-sayuran mereka memiliki kecenderungan mengonsumsi makanan rendah serat dan tinggi kalori sehingga hal tersebut dapat menyebabkan risiko obesitas tinggi.

Apabila anak tetap tidak mau memakan sayur maka dapat menimbulkan masalah lain seperti diabetes.

Baca Juga: Ibu-Ibu Wajib Tau! Ini Bahaya Sering Menghangatkan Makanan Bayi di Microwave

  1. Masalah emosional

Perlu diketahui bahwa sayur juga memiliki sumber nutrisi untuk kesehatan mental dan emosional, yakni asam folat dikenal dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi. Jadi dengan mengonsumsi sayur kesehatan mental anak dapat terjaga.

  1. Kesehatan gigi dan mulut

Ternyata sayur dapat membersihkan plak gigi dan gigi berlubang. Untuk mendapatkan manfaat tersebut tidak ada cara khusus untuk mengonsumsinya, bisa dikonsumsi dengan bentuk jus atau lainnya.

  1. Masalah pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya sayur memiliki kandungan serat. Kandungan tersebut diperlukan tubuh untuk proses pencernaan.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x