Ibu-Ibu Wajib Tau! Ini Bahaya Sering Menghangatkan Makanan Bayi di Microwave

- 25 Februari 2023, 22:01 WIB
bayi sedang makan
bayi sedang makan /

EDITORNEWS.ID - Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah makanan yang diberikan kepada bayi untuk melengkapi asupan gizi yang diperoleh bayi sebelum berusia 1 tahun. Makanan pendamping ASI diberikan pada bayi setelah usia 6 bulan karena ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi pada usia tersebut.

Namun tau nggak sih, sering menghangatkan atau memanaskan MPASI di microwave itu bisa membahayakan si bayi, terlebih wadah yang dipakai untuk MPASI terbuat dari plastik.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan, sebaiknya jangan menggunakan wadah plastik untuk menghangatkan makanan dan minuman untuk anak di microwave. Larangan ini juga berlaku untuk susu bayi dan ASI yang dipompa.

Sebab, wadah berbahan plastik kemungkinan mengandung senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan bisa meresap ke dalam suhu dan makanan.

Baca Juga: Ini Alasan Para Nenek Sering Kasih Uang Saku ke Cucunya Secara Diam-Diam

Selain itu juga penelitian menunjukkan bahwa menghangatkan makanan menggunakan microwave dapat menurunkan kadar vitamin B12 di dalam makanan bayi. Sedangkan Vitamin B12 sangat penting untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf dan mencegah anemia pada bayi.

Selain itu menghangatkan MPASI ataupun ASI di microwave ternyata bisa menimbulkan risiko. Panas yang dihasilkan microwave dapat memecah enzim pencernaan di dalam MPASI dan ASI yang dibutuhkan bayi untuk mengembangkan sistem pencernaan yang sehat dan mampu mencerna makanan, menyerap nutrisi, serta melindunginya dari patogen.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x