Jelang Ramadan, Bansos Bakal Disalurkan kepada 21,6 Juta Warga Mulai Maret Ini

- 10 Maret 2023, 20:49 WIB
Jelang Ramadan, Bansos bakal disalurkan kepada 21,6 juta warga mulai Maret ini
Jelang Ramadan, Bansos bakal disalurkan kepada 21,6 juta warga mulai Maret ini /

EDITORNEWS.ID - Bantuan Sosial atau Bansos Ramadan dan Idul Fitri 2023 segera digelontorkan oleh pemerintah mulai Maret hingga Mei 2023. Pemerintah mengatakan bantuan sosial yang terdiri dari beras 10 kg, telur, dan ayam tersebut akan disalurkan kepada 21,6 juta masyarakat selama periode hari besar keagamaan dan nasional selama tiga bulan.

"Yang sudah dibahas dengan Bapak Presiden (Joko Widodo) kita akan memberikan bantuan beras kepada sekitar 21,6 juta warga berasnya 10 kilogram dan akan diberikan selama tiga bulan," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dikutip dari Antara, Jumat, 10 Maret 2023.

Pemberian bansos ini ditujukan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu. Potensi peningkatan harga komoditas pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri menjadi faktor yang dalam rencana penyaluran bansos ini.

"Hal ini karena kita tahu bahwa dalam periode sebelum Ramadhan, ketika Ramadhan dan setelah Ramadhan dalam hal ini lebaran, akan ada potensi terjadi peningkatan harga komoditas pangan," kata Pengamat Ekonomi CORE, Yusuf Rendy di Jakarta, dikutip pada Jumat, 10 Maret 2023.

Baca Juga: Lagi, Bongkar Adanya Transaksi Janggal Rp 300 Triliun Milik Pegawai Kemenkeu

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa regulasi pemberian bantuan sedang digodok oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Badan Pangan Nasional (Bapanas). Kendati demikian, penyaluran bansos Ramadan dan Idul Fitri berupa beras 10 kg sudah ditetapkan melalui Perum Bulog (Badan Usaha Logistik).

Sedangkan, bantuan sosial berbentuk telur dan daging ayam didistribusikan melalui ID Food. "Untuk pendistribusian nanti akan diatur, kalau beras melalui Bulog kalau yang lain melalui ID Food. Tenggat waktu sedang disiapkan regulasinya," imbuh Airlangga kepada wartawan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata menjelaskan pengalokasian dana bansos menjelang Ramadan ini sedang menunggu penyesuaian data penerima. Ia juga berharap penyaluran bansos bisa segera dieksekusi Maret ini.

Mengenai daftar penerima bansos sendiri berada di Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga Kemenkeu dan Kemensos masih terus merundingkan skema penyaluran yang tepat. Kemenkeu pun sedang memastikan besaran harga beras yang menjadi patokan terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x