Pakar Geologi Israel Ungkap Markas Hamas di Terowongan Dibangun Tahun 1980-an

- 11 November 2023, 12:02 WIB
Terowongan Bawah Tanah HAMAS. / Reuters
Terowongan Bawah Tanah HAMAS. / Reuters /

EDITORNEWS.ID - Pasukan Israel secara terus menggempur terowongan yang disebut berkaitan dengan markas milisi Hamas di Jalur Gaza, Palestina.

Mereka mengklaim banyak terowongan, markas Hamas, dan peluncur roket terletak dekat dengan fasilitas umum di Gaza.

Dilansir dari Reuters, lima sumber keamanan Israel menuturkan, bahwa aksi mencari dan melumpuhkan jaringan terowongan bawah tanah yang luas yang ada di wilayah utara Jalur Gaza akan menjadi bagian mendasar dalam fase serangan berikutnya, yang akan memakan waktu cukup lama.

Seorang Ahli geologi Israel menemukan sejumlah fakta terowongan yang digunakan kelompok Hamas tersebut.

Baca Juga: IDF Mengaku Menghancurkan 130 Pintu Masuk Terowongan Hamas

Dikutip dari NHK, Joel Roskin dari Universitas Bar-Ilan membuat perkiraan berdasarkan investigasi militer Israel dan sketsa terowongan berdasarkan informasi dari pihak berwenang serta sumber lain.

Dikatakan, bahkan terdapat pula peluncur roket dekat permukaan di kawasan pemukiman, dikutip dari NHK, Jumat, 10 Novemeber 2023.

Roskin juga menjelaskan awal mula terowongan itu sudah dimulai tahun 1980-an memiliki panjang 300-500 kilometer, diperkirakan jaringan terowongan memiliki kedalaman 70 meter atau seperti bangunan 20 lantai. 

Lorong terowongan memanjang secara vertikal berada di rumah sakit di daerah Gaza. Lorong itu mengarah ke markas Hamas, fasilitas pembangkit listrik dan ruang penjara sandera.

Baca Juga: Khamenei Mengadakan Pertemuan dengan Pemimpin Hamas, Menunjukan Dukungan

Terowongan itu juga memiliki satu tempat dengan jalur melandai, dengan panjang 8 meter dari perkotaan hingga perbatasan Israel. Ada juga jalur vertikal dari terowongan ke permukaan.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x