IDF Mengaku Menghancurkan 130 Pintu Masuk Terowongan Hamas

- 9 November 2023, 19:45 WIB
Tentara Israel berjalan melewati reruntuhan ketika invasi darat di Jalur Gaza Utara, Palestina, Rabu, 8 November 2023. Pertempuran antara pasukan Israel dengan kelompok pejuang Palestina Hamas menyebabkan ribuan warga di kota itu mengungsi.
Tentara Israel berjalan melewati reruntuhan ketika invasi darat di Jalur Gaza Utara, Palestina, Rabu, 8 November 2023. Pertempuran antara pasukan Israel dengan kelompok pejuang Palestina Hamas menyebabkan ribuan warga di kota itu mengungsi. /ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun/Spt./

EDITORNEWS.ID - The Israel Defense Forces (IDF), mengklaim bahwa mereka telah menghancurkan 130 pintu masuk terowongan Hamas di Gaza, sejak perang Israel-Hamas yang dimulai pada 7 Oktober lalu.

Pada unggahan di X/Twitter, militer menjelaskan bahwa IDF sedang berusaha untuk mengekspos dan menghancurkan infrastruktur Hamas di Gaza, termasuk tempat penyimpanan air dan oksigen yang ditemukan di dalam terowongan.

"130 pintu masuk terowongan telah hancur sejak awal perang."

Pada pernyataan sebelumnya di rabu malam, IDF mengatakan bahwa mereka telah menghancurkan terowongan Hamas yang berdekatan dengan sekolah yang disponsori PBB.

Baca Juga: Khamenei Mengadakan Pertemuan dengan Pemimpin Hamas, Menunjukan Dukungan

Mereka juga membagikan video yang diduga menunjukan kehancuran di dekat sekolah melalui kamera drone.

Jaringan terowongan di Gaza diketahui sebagai akses penyelundupan barang-barang dari Mesir dan untuk melancarkan serangan ke Israel.

Menurut IDF, Hamas masih memiliki jaringan bawah tanah kedua yang disebut sebagai ‘Metro Gaza’ oleh Israel.

Terowongan yang dibangun oleh Hamas memiliki banyak kegunaan lain selain untuk akses penyelundupan dan penyerangan, terowongan ini dijadikan tempat penyimpanan suplai amunisi, makanan, dan bahkan sebagai pusat komando Hamas yang sulit untuk dideteksi oleh IDF.

Pada tahun 2021, Hamas mengklaim telah membangun terowongan di bawah Gaza sepanjang 500 Km, meskipun belum dapat dipastikan kabar tersebut benar atau tidaknya.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x