Gubernur Al Haris Menginstruksikan Seluruh Angkutan Batu Bara untuk Berhenti Total

- 10 April 2023, 20:28 WIB
Al Haris
Al Haris /Foto : Harun Al Rasyid/

EDITORNEWS.ID -  Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah diprediksi mengalami kenaikan di banding tahun sebelumnya.

Gubernur Jambi, Al Haris menginstruksikan seluruh angkutan batu bara untuk berhenti total. Penghentian aktivitas angkutan batu bara ini mulai berlaku H-7 lebaran hingga H+7.

Meski sudah dirancang dan diterapkan rekayasa lalu lintas, namun hingga kini belum juga mampu mengurai kemacetan yang terjadi akibat batubara tersebut.

Kemacetan sering terjadi akibat membludaknya truk angkutan batu bara yang “mengular” dari Tembesi hingga Jambi.

Baca Juga: Viral! Video Puluhan Angkutan Batu Bara di Jambi di Kawal Polisi

Bahkan Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno mewanti-wanti kepada Gubernur Jambi agar bisa segera menutup jalur yang kerap digunakan truk batu bara, utamanya menjelang dan setelah hari Raya Idul Fitri. Jika tidak, Purnawirawan (Pol) Jenderal Bintang 2 itu yang bakal melakukan aksinya sendiri.

Komisi V DPR RI dengan Gubernur Jambi Al Haris, pada 29 Maret 2023 di Gedung Senayan, Jakarta, resmi memutuskan bahwa pemanfaatan jalan nasional untuk aktivitas batu bara di Jambi ditutup.

Berkali kali pula disetop atau dihentikan sementara operasional batubara di jalan nasional, namun belakangan, jalan lagi dan macet lagi macet lagi. Begitu terus dan akan begitu terus sampai jalan khusus tambang ada.

Dikatakan Gubernur Al Haris, selama arus mudik dan arus balik, jalan umum harus lancar dan tidak boleh ada angkutan batu bara. Jalan umum hanya boleh digunakan untuk angkutan barang dan angkutan orang.

Baca Juga: 29 PNS Kota Jambi Datangi Kantor DPRD Meminta Kepala Inspektorat Kota Jambi Segera Dievaluasi

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x