Taiwan Digegerkan dengan Penemuan Zat Pemicu Kanker di Produk Indomie

- 25 April 2023, 21:33 WIB
Mie Instan
Mie Instan /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Departemen Kesehatan Taipei, Taiwan mengumumkan penemuan zat pemicu kanker atau zat karsinogenik pada produk mi instan dari Indonesia dan Malaysia yang dijual di Taipei.

Produk tersebut adalah Indomie rasa Ayam Spesial dari Indonesia dan Ah Lao White Curry Noodles dari Malaysia.

"Dua produk tersebut mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia," kata Departemen Kesehatan Taipei dikutip Selasa (25/4).

Dalam siaran pers dijelaskan, departemen kesehatan Taipei mengumumkan hasil inspeksi acak terhadap 30 produk mi instan tahun 2023 di supermarket, supermarket, toko, pasar tradisional, toko makanan Asia Tenggara, toko penjualan umum, dan importir grosir. Dari produk yang diuji, 25 produk merupakan barang diimpor dan lima di dalam negeri.

Baca Juga: BNPB Imbau Masyarakat Mentawai Tetap Waspada Jika Potensi Gempa Susulan Pasca Gempa Berkekuatan 7,3 magnitudo

Kadar etilen oksida dalam kedua produk ini ditemukan telah melebihi standar residu pestisida yang diperbolehkan sebagaimana ditetapkan oleh oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan.

Pada bumbu mi instan produk Indoensia, ditemukan mengandung 0,187mg/kg etilen oksida. Sedangkan pada saus mi instan dari Malaysia, ditemukan sebanyak 0,065mg/kg etilen oksida.

Setelah penemuan tersebut, Departemen Kesehatan Taipei pun telah meminta seluruh toko di ibu kota untuk menarik produk Indomie: Rasa Ayam Spesial dan Mie Kari Putih Ah Lai dari penjualannya.

Selain itu, importir produk juga akan didenda sebesar 60 ribu dollar baru Taiwan atau sekitar Rp29,2 juta hingga 200 juta dollar baru Taiwan atau sekitar Rp97,3 miliar (asumsi kurs Rp486/dollar baru Taiwan).***

 

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x