Sudah Tahu Belum? Ternyata KUA Juga Punya Layanan Bimbingan Manasik Haji

- 1 Mei 2024, 13:22 WIB
Ilustrasi haji/Pixabay/Zurijeta
Ilustrasi haji/Pixabay/Zurijeta /

EDITORNEWS.ID – Apakah Anda sudah tahu bahwa ternyata Kantor Urusan Agama (KUA) juga mempunyai layanan untuk bimbingan manasik haji.

Sebagaimana dikutip melalui laman aceh.kemenag.go.id, haji adalah rukun (tiang agam) Islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa.

Sedangkan manasik haji merupakan bentuk latihan yang dilakukan calon jemaah haji sebelum mengerjakan ibadah haji dan umroh yang sebenarnya di tanah suci.

KUA sendiri ternyata punya layanan bimbingan manasik haji, Hal tersebut sebagaimana diinformasikan melalui postingan akun Instagram @bimasislam.

Baru-baru ini pada 18 April 2024 salah satu KUA di Sulawesi Selatan, yaitu KUA Lappariaja menggelar Bimbingan Manasik Haji di Masjid Nurul Sholihin Maccope.

Masih dilansir dari akun Bimas Islam bahwa dalam kegiatan Bimbingan Manasik Haji dipaparkan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, seperti rukun, kewajiban, larangan, rencana tahapan perjalanan ibadah haji, kesehatan haji, ibadah dalam pesawat, dan layanan yang diberikan untuk jemaah.

Baca Juga: Bagaimana Prosedur Jika Ingin Menikah dan Dokumen Apa yang Perlu Dipersiapkan, Simak Informasinya

Disebutkan bahwa kegiatan Bimbingan manasik haji adalah upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan pemahaman dan kualitas pelaksanaan ibadah haji melalui KUA dan diharapkan KUA bisa terus berperan dalam memberi pemahaman ibadah haji kepada masyarakat.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari laman haji.kemenag.go.id, Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief menghimbau agar masyarakat tidak tergiur dengan tawaran haji menggunakan visa ummal (pekerja), ziarah (turis), bahkan visa petugas haji.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah