BNPB Imbau Masyarakat Mentawai Tetap Waspada Jika Potensi Gempa Susulan Pasca Gempa Berkekuatan 7,3 magnitudo

- 25 April 2023, 20:41 WIB
Peristiwa Gempa Mentawai
Peristiwa Gempa Mentawai /Muhammad Irfan Fadilah /

EDITORNEWS.ID  - Warga di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat diminta  tetap waspada dengan potensi gempa susulan pasca gempa berkekuatan 7,3 magnitudo Selasa, 25 April 2023.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, masyarakat diminta untuk tidak panik tapi tetap meningkatkan kesiagaan dan waspada terhadap potensi gempa susulan tersebut.

Ia juga  menghimbau, masyarakat bisa membuat peringatan dini gempa bumi dengan alat-alat yang sederhana, misalnya menyusun kaleng secara bertingkat. "Hal itu bertujuan dapat menjadi alarm apabila terjadi gempa bumi," imbuh dia.

Selain itu meminta masyarakat dapat memastikan jalur evakuasi keluar dari rumah agar tidak terhalang dengan benda ukuran besar.

Baca Juga: Italia Berencana Terapkan Kebijakan Pelonggaran Kontrak Kerja

"Ditambahkannya, Seperti  barang-barang besar, lemari, kulkas, meja dan lain-lain yang bisa menghalangi proses evakuasi keluar rumah saat terjadi gempa," kata Abdul.

Sedangkan untuk masyarakat yang berada di wilayah pesisir untuk menyiapkan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi jika gempa bumi terjadi lebih dari 30 detik.

"Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya tsunami," pungkas dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengeluarkan informasi peringatan dini terkait potensi gelombang tsunami atas gempabumi M 7.3 dari lepas pantai sebelah barat Sumatera Barat.

Peringatan tsunami itu kemudian berakhir pada pukul 05.17 WIB.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah