Antisipasi Arus Balik Lebaran, Kepolisian Telah Mempersiapkan Skema One Way Hingga Contra Flow

- 23 April 2023, 20:11 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers /PMJ News

EDITORNEWS.ID - Untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik Lebara Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi akan terjadi pada tanggal 24-26 April dan 1 Mei 2023. 

 

Tahun ini akan menjadi yang tertinggi sejak 2019. Sigit mengatakan pihak kepolisian telah mempersiapkan skema one way hingga contra flow di Jalan Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek-Jakarta.

Kepadatan kendaraan harus diurai atau didistribusikan ke hari lainnya. Kendati demikian, ia menegaskan  kepolisian juga mempersiapkan sistem ganjil-genap saat arus balik. Namun, sistem ganjil-genap diberlakukan jika sudah terjadi kemacetan yang cukup para di jalan tol.

"Untuk arus baliknya ini juga menjadi tertinggi, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa (lalu lintas) khususnya dari jajaran kepolisian," ungkap Listyo Sigit Prabowo di akun YouTube Kemenko PMK, Minggu, 23 April 2023.

Baca Juga: Polri Ingatkan Para Pemudik untuk selalu Berhati-Hati Selama Perjalanan

"Perlu kami sampaikan bahwa pemberlakuan langkah-langkah rekayasa mulai dari one way, contraflow, dan juga kemungkinan ganjil-genap ini akan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik bisa kita urai dan distribusikan," terangnya.

Jika kepadatan  parah terjadi di Tol Cikampek-Jakarta kendaraan harus diurai atau didistribusikan Apabila tidak akan terjadi stuck karena luas jalan yang ada melampaui dari kapasitas, baik jalan tol maupun arteri.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x