BNN Lakukan Tes Urine Para Sopir Bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan Demi Keamanan Mudik Lebaran 2023

- 18 April 2023, 23:48 WIB
BNN melakukan tes urine kepada para awak angkutan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta
BNN melakukan tes urine kepada para awak angkutan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta /

EDITORNEWS.iD - Jelang mudik lebaran 2023, BNN melakukan tes urine kepada para awak angkutan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, pada Selasa (18/4). Hal ini rutin dilakukan oleh BNN setiap tahunnya untuk memastikan kondisi sopir bus dalam keadaan sehat tanpa pengaruh narkoba.

 

Proses pemeriksaan deteksi narkoba diawali dengan mengisi data diri, mengambil pot urine dan melakukan proses pengambilan urine yang diawasi ketat oleh petugas BNN. Kemudian menyerahkan kembali pot yang telah terisi urine untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh tim BNN.

Kepala Biro Humas dan Protokol BNN RI, Sulistyo Pudjo Hartono, mengatakan bahwa kegiatan tes urine ini merupakan operasi gabungan dari BNN, Polri, Dinas Perhubungan, Pramuka dan Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) dalam rangka pengamanan ramadan dan idul fitri.

Tujuan pemeriksaan tes urine untuk deteksi narkoba dan kesehatan para awak angkutan, apakah sopir bus tersebut layak jalan atau tidak. Pemeriksaan juga dilakukan di sejumlah terminal di Jakarta, antara lain: Terminal Tanjung Priok, Terminal Kalideres dan Terminal Bayangan Lebak Bulus.

Baca Juga: Terjadi Benturan Keras, Kecelakaan Karambol 6 Kendaraan di Simpang Artos Magelang

"Pemeriksaan tes urine kepada sopir maupun pengganti sopir bus AKAP yang berasal dari Terminal Kampung Rambutan diharapkan mampu mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga penumpang bisa selamat sampai tujuan", ujar Sulistyo Pudjo Hartono.

Sebanyak 27 awak angkutan menjalani pemeriksaan tes urine. Hasilnya 1 orang terdeteksi positif menggunakan narkoba jenis ganja.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x