Akibat Perubahan Iklim, Suhu Panas di Thailand Mencapai 54 Derajat Celcius

- 23 April 2023, 22:05 WIB
Kota Bangkok, Thailand
Kota Bangkok, Thailand /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Pihak berwenang Thailand memperingatkan penduduk di sebagian besar negara, termasuk ibu kota Bangkok, agar menghindari keluar rumah karena panas yang ekstrem.

 

Departemen Meteorologi Thailand memperkirakan suhu dalam 24 jam sejak Sabtu dapat mencapai 43 derajat Celsius di kawasan utara negara itu.

Sementara itu, suhu di Ibu Kota Thailand, Bangkok, juga bisa mencapai 40 derajat Celsius.

Di Phuket, indeks panas diprediksi bisa mencapai 54 derajat Celsius. Indeks panas tak mengindikasikan suhu sebenarnya, tapi warga bisa merasakan panas seperti 54 derajat Celsius jika ditambah dengan kelembaban udara.

Baca Juga: Lapas Sukamiskin Sebut 208 Napi Dapat Remisi Khusus Idul Fitri Termaksud Napi Koruptor Setya Novanto

Pihak berwenang memperingatkan warga untuk menghindari aktivitas di luar ruangan dan mewaspadai bahaya serangan panas.

Tak seidkit warga di Thailand yang mengeluhkan dengan kondisi dan cuaca panas tersebut.

"Bahkan setelah saya menyalakan AC hingga 20 derajat pun, saya masih berkeringat," ujar seorang warga bernama Supichaya Jittaleela kepada Associated Press.

Meski gedung-gedung pencakar langit menghalangi cahaya, banyak warga masih tak bisa menahan sengatan matahari.

Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Thailand mengatakan suhu akan melebihi 40 derajat Celcius di setidaknya 28 provinsi pada hari Sabtu 22 April 2023.
 
Panas ekstrem tersebut telah memecahkan rekor konsumsi listrik, dengan konsumsi negara lebih dari 39.000 megawatt pada 6 April tahun lalu. 

"Angka ini melampaui rekor sebelumnya 32.000 megawatt pada April tahun lalu," kata juru bicara pemerintah Anucha Burapachaisri.
 
"Apa yang terjadi saat ini disebabkan oleh perubahan iklim, memengaruhi (cuaca) yang tidak normal dan fenomena yang disebut cuaca ekstrem," kata Mathinee Yucharoen, peneliti oseanografi pesisir dan perubahan iklim di Universitas Prince of Songkhla.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x