Menteri Pertahanan AS Berkunjung ke Yordani Membahas Isu HAM dan Komitmen AS di Timur Tengah

- 6 Maret 2023, 15:49 WIB
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin.
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin. /

EDITORNEWS.ID – Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin sedang mengunjungi negara di Timur Tengah dalan kunjungannya tiga hari. Austin mengawaki kunjungannya di Yordania untuk meyakinkan sekutunya di Timur Tengah atas komitmen AS terhadap kawasan tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Pertahanan AS akan menyampaikan pesan jujur kepada pemimpin Israel dan Mesir

Austin yang telah mendarat di Yordania pada Minggu, 5 Maret 2023, akan menekan pimpinan Israel untuk mengurangi ketegangan Israel di Tepi Barat dan akan membicarakan dengan pemimpin Mesir terkait masalah hak asasi manusia.

"Austin akan menyampaikan komitmen kuat AS terhadap kawasan Timur Tengah dan meyakinkan sahabat kami bahwa AS tetap berkomitmen untuk mendukung pertahanan mereka," kata seorang pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya.

Baca Juga: Tesla Membuat Kesalahan dan Menarik Kembali 3.470 Kendaraan Model Y Akibat Baut yang Longgar

Pengaruh Iran menjadi ancaman bagi Timur Tengah dan kini AS telah menempatkan sekitar 30.000 pasukannya di kawasan tersebut untuk mencegah pengaruh Iran.

Mantan panglima angkatan laut AS, Jenderal Frank McKenzie yang memimpin pasukan AS di Timur Tengah pada tahun lalu, menyatakan bahwa kawasan tersebut sangat penting bagi AS ditengah berkembangnya dominasi China.

"Saya kira kunjungan ini menjadi kesempatan yang tepat untuk terus meyakinkan masyarakat di kawasan itu bahwa mereka sangat penting bagi kita," ujar McKenzie yang saat ini memimpin Institut Keamanan Nasional dan Global, Universitas South Florida.

Pada pekan lalu AS meminta kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mengecam pernyataan yang dibuat Menteri Keuangan Bezalel Smotrich yakni akan "memusnahkan" sebuah desa di Palestina.

Baca Juga: Gedung Apartemen Mewah Di Turki, The Trend Garden Residence, yang Hancur Rata Pada Saat Gempa

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x