Donald Trump menuduh Beijing Sebagai Penyebar Covid dan Menuntut Reparasi Covid Dari China

- 5 Maret 2023, 22:36 WIB
Spekulasi awalnya bahwa Covid-19 muncul dari laboratorium China
Spekulasi awalnya bahwa Covid-19 muncul dari laboratorium China /

EDITORNEWS.ID - Mantan Presiden AS, Donald Trump pada Sabtu, 4 Maret 2023, mengklaim telah terbukti benar pada spekulasi awalnya bahwa Covid-19 muncul dari laboratorium China.

Ia juga mengatakan Beijing harus memberi kompensasi kepada seluruh dunia karena "melepaskan" virus dan "membiarkan" virus menyebar secara global.

Mengutip pernyataan dalam beberapa hari terakhir oleh Departemen Energi AS (DOE) dan FBI bahwa virus itu "kemungkinan besar" bocor dari Institut Virologi Wuhan China dan Trump mengatakan "fakta-fakta sekarang jelas untuk dilihat semua orang."

Dia mengecam pemerintah China, pada hari Sabtu di surat kabar Daily Mail op-ed bahwa "kebohongan dan penipuan Beijing membunuh setiap kesempatan untuk menghentikan bencana global yang mematikan ini pada awalnya."

Baca Juga: Biden Memperketat Aturan Tentang Investasi Luar Negeri Oleh Perusahaan-Perusahaan AS

Namun, baik DOE maupun FBI tidak memberikan bukti apa pun atas temuannya. Para pejabat China menanggapi dengan menuduh pemerintahan Presiden Joe Biden mempolitisasi penelusuran asal-usul Covid-19 dan mencoba mencoreng China dengan klaim yang tidak didukung.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan pada hari Jum'at bahwa politisasi telah mengubah masalah ini menjadi "sepak bola politik," sehingga lebih sulit untuk menentukan bagaimana virus itu berasal.

Tidak gentar, Trump mengatakan China harus secara finansial berada di hook untuk pandemi yang menurut beberapa perkiraan telah menyebabkan kerusakan $ 50 triliun.

Virus ini telah disalahkan atas hampir 6,9 juta kematian secara global, termasuk 1,1 juta di AS.

Baca Juga: Korea Utara Mengatakan PBB Harus Menuntut Diakhirinya Latihan Militer Korea Selatan-AS

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x