WHO Ingin Bukti Di Balik Klaim AS Asal Covid dan Semua Teori Tentang Asal-Usul Covid-19

- 5 Maret 2023, 13:42 WIB
Washington harus berhenti mempolitisasi asal-usul Covid-19 dan "mencoreng" China
Washington harus berhenti mempolitisasi asal-usul Covid-19 dan "mencoreng" China /

EDITORNEWS.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendesak Amerika Serikat dan setiap negara lain untuk melepaskan intelijen mereka pada awal pandemi virus corona.

Dan memperingatkan terhadap spekulasi yang tidak berdasar dan "politisasi" masalah ini setelah Washington mengklaim patogen itu "kemungkinan" bocor dari laboratorium China.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berbicara panjang lebar tentang perlunya mengidentifikasi titik awal akhir untuk krisis kesehatan global selama pengarahan media pada hari Jumat, 3 Maret 2023, menyebutnya sebagai "ilmiah" dan "keharusan moral."

"Jika ada negara yang memiliki informasi tentang asal-usul pandemi, penting bagi informasi itu untuk dibagikan dengan WHO dan komunitas ilmiah internasional," katanya, mencatat bahwa dia telah berhubungan dengan pejabat Tiongkok tentang masalah ini baru-baru ini beberapa minggu yang lalu.

Baca Juga: China Umumkan Penemuan Migas Besar-Besaran Mengandung 100 Juta Ton Cadangan

Pemimpin teknis Covid-19 badan tersebut, Maria Van Kerkhove, seorang ahli epidemiologi penyakit menular juga menyatakan bahwa WHO telah menghubungi kedutaan Washington di Swiss untuk informasi lebih lanjut tentang asal-usul Covid.

Setelah Direktur FBI Christopher Wray mengklaim virus itu "kemungkinan besar" lolos dari laboratorium China dalam komentar kepada Fox awal pekan ini, mengutip penilaian biro yang belum dipublikasikan.

"Tetap penting bahwa informasi itu dibagikan," katanya, seraya menambahkan bahwa AS sejauh ini tidak menawarkan akses ke datanya.

Beijing secara vokal membantah saran bahwa patogen itu mungkin telah melarikan diri dari laboratorium virologi dengan keamanan tinggi di kota Wuhan.

Di antara situs pertama yang terdeteksi Covid-19 pada akhir tahun 2019 dengan pejabat RRT menolak teori itu sebagai upaya untuk mencoreng China.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x