Benarkah Hungaria Pindahkan Kantor Kedutaan Besarnya di Israel Ke Yerussalem

- 5 Maret 2023, 11:07 WIB
Presiden Hungaria Katalin Novak dan Presiden Ceko Milos Zeman
Presiden Hungaria Katalin Novak dan Presiden Ceko Milos Zeman /

EDITORNEWS.ID – Hungaria akan memindahkan kantor kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerussalem dan berencana akan mengikuti jejak Amerika Serikat yang mengakui Yerussalem sebagai ibu kota baru bagi Israel. Padahal aksi tersebut telah banyak menerima kecaman dari dunia internasional.

Dilaporkan dari surat kabar The Times of Israel pada jumat, 03 Maret 2023, Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban berencana memindahkan kantor kedutaan besarnya untuk Israel yang berada di Tel Aviv menuju Yerussalem, sebagai upaya dukungannya kepada Benyamin Netanyahu. Apabila hal itu terjadi, maka Hungaria adalah negara pertama yang berada di Kawasan Eropa yang melakukan langkah tersebut.

“Kami telah memindahkan kantor departemen perdagangan luar negeri ke Yerussalem beberapa tahun lalu. Bahkan peresmian kantor departemen perdagangan luar negeri diumumkan langsung merenteri luar negeri kami bersama Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu” tutur juru bicara kementerian luar negeri Hungaria, Mate Paczolay ketika ditanyai tentang kepindahan kantor kedutaan besar ke Yerussalem, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Tidak hanya juru bicara Hungaria yang terlihat dari jawabannya tersebut menghindari pertanyaan tentang pemindahan kantor kedutaan besarnya, bahkan kementerian luar negeri Israel pun menghindari rencana pemindahan tersebut.

Baca Juga: Upaya AS Untuk Melarang TikTok Bukan Tentang 'Keamanan' Anggota Parlemen Washington

Berita yang telah beredar tersebut langsung menyita perhatian Presiden Hungaria yaitu Katalin Novak. Presiden Hungaria tersebut membantah isu yang beredar di luar tersebut tentang pemindahan kantor kedubesnya untuk Israel ke Yerussalem.

“Saya juga membaca berita di media. Di Hungaria, sejauh ini belum ada keputusan mengenai pemindahan kantor kedutaan kami di Israel” Tegas Katalin Novak ketika konferensi pers saat mengunjungi Praha, Ceko.

Sejauh ini, Hungaria telah menjadi pendukung utama Israel di eropa. Hubungan baik antara Benyamin Netanyahu dengan Viktor Orban sebagai perdana Menteri Hungaria telah menjadikan Israel dan Hungaria negara yang sangat bersahabat. Bahkan Viktor Orban adalah pimpinan negara yang telah membantu Netanyahu untuk bernegosiasi tentang Israel ke Eropa dan menepis kritik-kritik eropa terhadap Israel.

Terpilih kembalinya Benyamin Netanyahu menjadi Perdana Menteri Israel membuat hubungan kedua perdana Menteri tersebut semakin lengket. “Dimasa-masa sulit, dibutuhkan pemimpin yang kuat” ucap Orban kepada Benyamin Netanyahu.***

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x