Komentar Diplomat Top Uni Eropa Tentang Keanggotaan dan Pencopotan Rusia Dari G20

- 4 Maret 2023, 19:20 WIB
Josep Borrell telah membantah mengusir Moskow dari klub
Josep Borrell telah membantah mengusir Moskow dari klub /

EDITORNEWS.ID - Josep Borrell telah membantah mengusir Moskow dari klub, mencatat bahwa penting untuk "setidaknya mendengarkan" satu sama lain pada Jum'at, 3 Maret 2023.

Josep Borrell, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri telah berbicara menentang pencopotan Rusia dari keanggotaan G20-nya.

Dia menekankan pentingnya mempertahankan platform internasional di mana negara-negara yang tidak melihat mata ke mata dapat berbagi pendapat mereka

Selama panel di New Delhi pada hari Jumat, 3 Maret 2023, seorang jurnalis bertanya kepada Borrell: "Mengapa Anda tidak dapat menangguhkan Rusia sebagai anggota G20?"

Baca Juga: Jerman Dan Amerika Serikat Akan Memberi Hukuman Terhadap Russia Atas Konflik Yang Terjadi di Ukraina

Diplomat itu menjawab dengan mencatat bahwa "Anda tidak dapat mengatakan bahwa anda ingin mendorong multilateralisme dan kemudian meminta Rusia untuk keluar dari G20," karena itu akan "kontradiktif."

"Saya pikir kita harus menjaga cara berbicara atau setidaknya mendengarkan, jika tidak berbicara, setidaknya mendengarkan yang lain," jelas Borrell.

Pejabat tinggi Uni Eropa itu menggambarkan Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 yang diadakan di ibu kota India pada Rabu hingga Kamis sebagai "peningkatan kuat sehubungan dengan KTT G20" yang diadakan di Bali, Indonesia pada pertengahan November tahun lalu.

Kembali pada bulan November, Borrell mengemukakan enam poin yang dimaksudkan sebagai pedoman untuk kebijakan UE terhadap Rusia.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah