China Akhirnya Meningkatkan Perannya Sebagai Negara Adidaya dan Akan Mengubah Dunia

- 5 Maret 2023, 22:02 WIB
China telah meningkatkan aktivitas diplomatiknya secara signifikan
China telah meningkatkan aktivitas diplomatiknya secara signifikan /

EDITORNEWS.ID - China telah meningkatkan aktivitas diplomatiknya secara signifikan. Ini bukan hanya karena telah keluar dari isolasi pandemi yang sudah berlangsung lama yang sebelumnya menghambat jangkauannya.

Motif utamanya adalah bahwa peran dan bobot Tiongkok di arena internasional telah berkembang ke titik di mana detasemen kontemplatif tidak lagi memungkinkan.

Ini adalah perubahan penting dalam kesadaran diri Tiongkok; Pertanyaannya sekarang adalah perubahan apa dalam praktik internasional yang akan ditimbulkannya.

Kebajikan tertinggi dan interpenetrasi yang tidak kontradiktif dari lawan adalah prinsip-prinsip filsafat tradisional, tetapi mereka juga merupakan cara yang cukup terapan untuk melakukan kegiatan internasional.

Baca Juga: Biden Memperketat Aturan Tentang Investasi Luar Negeri Oleh Perusahaan-Perusahaan AS

Analisis terperinci dari fenomena ini harus diserahkan kepada spesialis, tetapi perlu dicatat bahwa pergeseran dari pandangan dunia seperti itu ke konfrontasi ideologis dan geopolitik yang lebih akrab terjadi ketika China mengadopsi komunis Barat yang umumnya asing.

Mao Zedong berusaha mengubah tidak hanya tatanan sosial, namun juga budaya orang Cina. Tetapi, pemerintahannya berakhir dengan tawar menawar dengan Amerika Serikat yang merupakan kembalinya keseimbangan strategis yang lebih sesuai dengan pandangan Cina tentang dunia.

Saling pengakuan tidak berarti kesepakatan dan harmoni, tetapi sejalan dengan tujuan para pihak pada saat itu.

Periode yang berlangsung hingga baru-baru ini, baru sekarang menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir.

Baca Juga: Korea Utara Mengatakan PBB Harus Menuntut Diakhirinya Latihan Militer Korea Selatan-AS

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x