Menguak Filosofi Maskawin Linggis di Pernikahan Duda-Janda Probolinggo

- 8 Februari 2023, 16:44 WIB
Seorang Suami di Probolinggo Saat Nikah di KUA, Beri Mahar Linggis Istrinya  
Seorang Suami di Probolinggo Saat Nikah di KUA, Beri Mahar Linggis Istrinya   /Saifullah/

EDITORNEWS.ID - Beberapa hari terakhir ini publik dibuat terheran-heran dengan pernikahan duda dan janda dari Tongas, Probolinggo.

Bagaimana tidak? Diketahui mereka menikah pada Jum'at tanggal 3 Februari 2023 lalu dengan maskawin berupa linggis yang diberikan pengantin laki-laki terhadap pengantin perempuan.

Pasangan yang menjadi viral tersebut adalah Samsul Mukmin (46) dan Sumiati (45). Samsul pun menjelaskan, linggis merupakan alat serba bisa.

Bukan hanya itu sifat linggis pun kuat dan kokoh. Filosofi dari sifat linggis itulah yang menjadikan Samsul memilih linggis sebagai maskawin agar pernikahannya dengan Sumiati dapat kekal dan abadi sampai akhir hayat.

Baca Juga: Ini Dia Pekerjaan Asli Wowon Sebelum Jadi Penipu dan Otak Pembunuhan

Bukan hanya melambangkan kekuatan dan serba bisa, menurut Samsul linggis adalah barang yang harus ada di setiap rumah di desanya. Alat tersebut juga dapat digunakan untuk membuat rumah.

Setelah resmi menikah keduanya memang berencana untuk membangun sebuah rumah di Desa Dungun, Tongas, Probolinggo. Seperti yang dikatakan Samsul, meskipun linggis memiliki makna kekuatan serta kekokohan rumah tangga, dirinya pun tetap mengaku percaya serta berserah diri kepada Tuhan.

Samsul memiliki dua anak dari pernikahan dengan istri sebelumnya. Samsul sendiri menikah dengan Sumiati di KUA Kecamatan Tongas. Sumiati pun menerima Samsul apa adanya tanpa menawarkan syarat lain.

Sumiati mengenal Samsul sebagai pria yang baik serta bertanggungjawab. Saat Samsul menjelaskan arti dari maskawin yang akan diberikan, Sumiati sama sekali tidak keberatan bahkan menurutnya juga baik.

Baca Juga: Update! Gempa Guncang Banten dan Bali, Warga Diminta Tetap Waspada

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x