Hiu Helicoprion, Hewan Purba dengan Susunan Gigi yang Unik

- 31 Januari 2023, 15:54 WIB
ilustrasi , Nelayan Rote Temukan Ikan Hiu Berparas Manusia
ilustrasi , Nelayan Rote Temukan Ikan Hiu Berparas Manusia /https://instagram.com/@omg.indonesia.id/

EDITORNEWS.ID - Hiu Helicoprion adalah ikan purbakala yang memiliki gigi yang sangat unik. Beberapa ahli paleontologi mengira helicoprion sejenis adalah hiu.

Namun seiring riset mendalam, para ahli berpendapat bahwa ikan tersebut lebih erat dengan jenis ikan ratfish. Untuk diketahui, ratfish adalah ikan yang mirip dengan ikan sapu-sapu.

Helicoprion tercatat menjelajahi wilayah perairan bumi sekitar 270 juta tahun yang lalu. Sekitar 235 juta tahun yang lalu, spesies mereka punah.

Alexander Petrovich Karpinsky berhasil menemukan fosil pertama helicoprion di tahun 1899. Sejak saat itu, fosil-fosil lainnya telah ditemukani di Rusia, Australia, Meksiko, Jepang, Amerika Serikat bagian barat, dan tempat-tempat lainnya.

Baca Juga: Beruang Viral, Doyan Selfie hingga 400 Kali Semalam

Namun, sebagian besar yang fosil yang ditemukan adalah salah satu bagian tubuhnya yang sangat khas, yaitu giginya. Gigi helicoprion berbeda dengan hewan lain, karena deretan giginya tajam, berposisi miring, dan berbentuk formasi spiral yang menyerupai gergaji bundar.

Susunan gigi ini kemudian disebut lingkaran gigi/tooth whorl. Susunan gigi ini membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade, ditambah sebagian besar tubuh helicoprion terbuat dari tulang rawan, jadi hanya gigi yang tersisa cukup lama untuk menjadi fosil, sehingga menjadi semakin sulit untuk diteliti.

Para ahli mengajukan banyak hipotesis selama beberapa dekade untuk menjelaskan seperti apa bentuk asli helikoprion itu. Sebagian besar menempelkan lingkaran gigi ke rahangnya. Namun, mereka berdebat apakah susunan gigi unik itu ada di bagian rahang atas atau bawah.

Beberapa orang mengira deretan gigi tersebut melengkung ke luar, sementara yang lain mengatakan itu mungkin melengkung menuju ke bagian dalam mulut. Sebuah fosil yang ditemukan di Idaho pada tahun 1950 akhirnya menjelaskan misteri gigi helicoprion.

Baca Juga: Tio Pakusadewo Raup Untung Besar lewat Bisnis Ganja di AS

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x