Gunung Sampah Membikin Para Relawan dan Penyintas Di Cianjur Menjadi Tidak Nyaman

- 31 Januari 2023, 10:30 WIB
Tumpukan Sampah
Tumpukan Sampah /@ig

EDITORNEWS.ID - Terkait permasalahan sampah sejak terjadinya gempa Cianjur mulai terabaikan, yang mana lokasinya berada di dekat shelter pengungsian Lapang Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

"Dampak yang paling terasa merupakan bau tak sedap dan banyaknya lalat apalagi lokasi tempat pembuangan sampahnya berada bersebelahan dengan Dapur Umum Mandiri pengungsian, dan terkait dinas yang menangani juga kurang." Ucap mas Kriwul sebagai seorang relawan senior. Dilansir 30 Januari 2023.

Sebagai tambahan, "karena sampah yang dihasilkan selain dari pengungsian dan pasar banyak juga dari oknum dari luar kawasan yang membuang sampah disini sehingga secara tidak langsung memunculkan permasalahan baru yang bisa mengundang penyakit." Jelasnya.

Terakhir pembersihan dan pengangkutan sampah ketika waktu ada kunjungan bupati Cianjur ke shelter pengungsian, tanggal 20 Januari 2023 dan sampai sekarang belum diangkut lagi sehingga banyak relawan dan penyintas yang mulai mengeluhkan situasi ini.

Baca Juga: Terekam Deti-detik Minibus Tabrak 2 Truk TNI-AL di Jalan Raya Puncak Bogor

Diduga hal ini terjadi karena kurangnya komunikasi antar instansi terkait dan penertiban di lokasi. Terutama kesadaran individu dalam memperlakukan alam, sehingga sampah yang banyak tidak hanya bisa mengundang berbagai macam penyakit, akan tetapi bisa menjadi polemik ketika dibarengi curah hujan yang tinggi.

Senada dengan keterangan sebelumnya, "lebih parah lagi sebelum kunjungan bupati Cianjur sampah disini memang sudah menggunung karena sudah tiga minggu lebih sampah tidak pernah diangkut." Tutur mas Kriwul

Sebagai perwakilan relawan yang sudah cukup berpengelaman dalam menyelesaikan permasalahan di lokasi bencana maka mas Kriwul berharap agar dalam situasi sulit pun tetap mengutamakan kedisiplinan dan mawas diri agar tidak menimbulkan permasalahan baru.***

 

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x